Sprint race MotoGP Mandalika 2024.
Olahraga

Perputaran Ekonomi 3 Hari GP Mandalika 2024 Capai Rp4,8 T

  • MotoGP Mandalika disiarkan di stasiun TV di 200 negara, dengan 119 media partner. Sekurang-kurangnya 86 juta fans dari Amerika, 70 juta fans dari Asia, dan 137 juta fans dari Eropa, serta total fans base total hingga 300 juta penonton di dunia.

Olahraga

Ilyas Maulana Firdaus

JAKARTA — Event MotoGP yang dilaksanakan pada 27-29 September 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat diklaim membawa dampak ekonomi besar.

MotoGP Mandalika disiarkan di stasiun TV di 200 negara, dengan 119 media partner. Sekurang-kurangnya 86 juta fans dari Amerika, 70 juta fans dari Asia, dan 137 juta fans dari Eropa, serta total fans base total hingga 300 juta penonton di dunia. 

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, berhasil menarik pengunjung hingga 110.000 pengunjung. Staf Khusus Menteri Bidang Ekonomi Kreatif Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM), Fiki Satari mengatakan, event ini juga melibatkan 800 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diperkirakan menyerap 2.750 pekerja. 

Dari semua perputaran ekonomi tersebut memiliki dampak ekonomi yang besar, MotoGP Mandalika dalam penyelenggaraannya diperkirakan mencapai Rp4,8 triliun.  “Event internasional menjadi katalis untuk pertumbuhan ekonomi kreatif pada kawasan Mandalika dan sekitarnya,” kata Fikri  dikutip 30 September 2024.

Fiki senang melihat UMKM lokal mampu memanfaatkan situasi dan peluang dengan sangat baik. Menurutnya, Mandalika MotoGP bukan hanya tentang balapan saja, melainkan juga tentang memberdayakan masyarakat serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Dilansir dari laman resmi kemenkopukm.go.id, salah satu pelaku UMKM yang merasakan dampak ekonomi secara signifikan adalah Agus, seorang pedagang kaos di Mandalika. Dari hasil penjualannya di event MotoGP, ia berhasil meraup keuntungan sebesar Rp40 juta.

“Kami bersyukur atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam event ini, antusiasme pengunjung terhadap produk kami sangat tinggi. Menjadi motivasi untuk bagi kami untuk terus berinovasi dalam meningkatkan produk,” ucap Agus.

Perkembangan Baik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam event tersebut, dengan mengapresiasi keterlibatan para tenaga kerja lokal. Dilansir dari laman Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan “Perkembangan dalam tiga tahun ini sangat baik, utamanya dalam manajemen, fasilitas, dan saya senang tiga ribu kru yang ada disini berasal dari NTB,” ucapnya pada 29 September 2024.

Raihan dampak ekonomi Rp4,8 triliun pada MotoGP 2024 menunjukkan peningkatan dibanding gelaran tahun lalu. Pada MotoGP Mandalika 2023, kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) berada di angka Rp3,59 triliun hingga Rp4,3 triliun. Adapun perputaran uang mencapai pada tahun itu mencapai Rp914 miliar.

Sementara dampak kepada para pelaku usaha mendapatkan peningkatan pendapatan sebesar 36,54%. Saat itu aktivitas ekonomi di Kabupaten Lombok Tengah yang berhubungan dengan pariwisata pun meningkat. 

Peningkatan tersebut sebesar 13,45%, dan berkontribusi sebesar 7,97%.Terlebih, penyerapan tenaga kerja di bidang pariwisata juga besar, mencapai 20,000 hingga 24.000 orang.