Ribuan mobil pribadi dan bus berisi pemudik antre menaiki kapal sehingga menimbulkan kemacetan sepanjang jalan menuju Pelabuhan Merak, Banten, Kamis 20 April 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Ini yang Dilakukan Pelabuhan Merak

  • Langkah-langkah konkret telah diambil, termasuk pembagian pelabuhan untuk kendaraan, peningkatan kapasitas parkir, dan dermaga guna mengantisipasi peningkatan volume penumpang.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

MERAK - Guna memastikan kelancaran arus mudik Lebaran 2024, Korps Lalu Lintas Polri bekerja sama dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) telah menyelesaikan persiapan di Pelabuhan Merak. 

Langkah-langkah konkret telah diambil, termasuk pembagian pelabuhan untuk kendaraan, peningkatan kapasitas parkir, dan dermaga guna mengantisipasi peningkatan volume penumpang.

Menurut GM ASDP Cabang Merak, Suharto, pelabuhan merak telah mempersiapkan diri dengan matang. Dalam kondisi normal, 126 trip operasional kapal akan dilaksanakan. 

Namun, antisipasi lebih lanjut juga telah diambil dengan menyiapkan 130 trip pada kondisi padat, dan bahkan 139 trip pada kondisi sangat padat.

Pelabuhan Merak juga meningkatkan kapasitas parkir kendaraan kecil menjadi 5.526 unit, sebagai langkah proaktif untuk menyediakan layanan yang lebih baik bagi pemudik. 

Perubahan ini berasal dari keputusan untuk merobohkan bekas kantor KSKP dan kantor ASDP Merak, sejalan dengan hasil rapat terbatas bersama Presiden RI tahun lalu. 

Keputusan ini dipertimbangkan dengan cermat, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik Lebaran. 

“Dermaga 2 ASDP Merak telah rampung ditingkatkan kapasitasnya sejak beberapa bulan lalu, sehingga kapal dengan ukuran besar lebih dari 10.000GT sudah dapat sandar di dermaga tersebut. Dengan demikian maka ASDP siap mengoperasikan tujuh dermaga secara optimal" terang Suharto Rabu, 6 Maret 2024.

Salah satu tujuan utama dari persiapan ini adalah meminimalisir antrian kendaraan, terutama pada puncak arus mudik, khususnya H-3 Idul Fitri. 

Dengan mengoptimalkan jumlah perjalanan kapal, diharapkan proses bongkar-muat kendaraan dapat berlangsung lebih efisien.

Pembagian Pelabuhan

Pembagian pelabuhan untuk kendaraan juga menjadi langkah penting. Hal ini tidak hanya dapat mempercepat proses boarding, tetapi juga menghindari kemacetan yang mungkin terjadi di sekitar pelabuhan. 

Adanya peningkatan kapasitas parkir dan dermaga juga memberikan kepastian bahwa semua kendaraan dapat diakomodasi dengan baik.

Suharto menyatakan optimisme terkait kesiapan Pelabuhan Merak untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. pihaknya mengaku telah melakukan segala persiapan dengan seksama agar masyarakat dapat menjalani perjalanan mudik dengan aman dan nyaman.

Pihak berwenang, termasuk Korps Lalu Lintas Polri, mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dan petunjuk petugas di pelabuhan. Kerjasama dari semua pihak diharapkan dapat menciptakan suasana yang tertib dan aman selama masa arus mudik Lebaran 2024.

Dengan kolaborasi yang kuat antara Korps Lalu Lintas Polri dan para stakeholders, Pelabuhan Merak siap menjadi pintu gerbang yang efisien dan aman bagi para pemudik yang hendak merayakan Idul Fitri bersama keluarga mereka.