<p>Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V Pakis-Malang / Dok.  Kementerian PUPR</p>
Nasional

Persiapan Jalan Tol Menjelang Nataru, Jasa Marga Lakukan Peningkatan Layanan Operasional

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan beberapa perbaikan untuk meningkatkan pelayanan operasional jalan tol menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan beberapa perbaikan untuk meningkatkan pelayanan operasional jalan tol menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Dikutip dari akun resmi Jasamarga Metropolitan, Rabu, 22 Desember 2021 (JMT)  Regional Devision yang mengelola ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Prof.Dr.Ir. Soedijatmo, Cawang-Tomang-Pluit, JORR seksi E dan W2S, Ulujami Pondok Aren, Cipularang dan Padaleunyi fokus untuk melakukan persiapan layanan operasional mulai dari layanan transaksi, lalu lintas, konstruksi dan rest area.

“Secara umum sudah dilakukan beberapa upaya, dimulai antisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan di gerbang tol, menghentikan pekerjaan kontruksi di jalan tol selama periode Nataru, menyiagakan rambu-rambu lalu lintas, menugaskan petugas siaga 24 jam untuk rekayasa lalu lintas, pencegahan genangan banjir atau longsor dan memastikan keberfungsian semua unit pendukung seperti CCTV, VMS, RTMS, dan radio komunikasi,” kata Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Bagus Cahya, Senin, 20 Desember 2021.

Di sisi lain, penanganan pada jalan tol Jagorawi, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitaan Tollroad Tri Wahyu Subekti, mengatakan bahwa upaya peningkatan di ruas Tol Jagorawi terus dilakukan mengingat jalur puncak dan daerah destinasi sekitarnya masih diminati masyarakat.

“Kami memastikan tidak terdapat gangguan di lajur yang berdampak menambah kepadatan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya (PJR) dan kepolisian wilayah untuk diskresi rekayasa lalu lintas jika dibutuhkan,” jelas General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitaan Tollroad Tri Wahyu Subekti.

Selain itu, General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Nasrullah menjelaskan kesiapan di ruas tol dalam kota yakni Cawang-Pluit, Jakarta-Tangerang, Prof.Dr.Ir. Soedijatmo dilakukan pemenuhan 3 aspek  fungsi utama jalan tol yakni kelancaran, keselamatan dan kenyamanan.

Uapaya pemenuhan aspek kelancaran dilakukan penggunaan mobile reader untuk memastikan kelancaran dan mengurangi antrean di gerbang tol. selanjutnya, pemeliharaan peralatan tol dan pemenuhan armada lalu lintas. 

Aspek keselamatan berupa perawatan marka jalan tol, pemeliharaan rambu lalu lintas dan pemeliharaan pagar rumija tol.  Sementara itu, aspek kenyamanan dilakukan pekerjaan pemeliaharaan periodik dan pengerasan, pemeliharaan kebersihan saluran dan tamanan.

Bagus menambahkan bahwa segala aktivitas yang dilakukan semua petugas di lapangan harus tetap mengedepankan protokol pencegahan virus COVID-19 guna memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi petugas maupun pengguna jalan.