kapal gandum.jpg
Transportasi dan Logistik

Persiapan Lonjakan Logistik Lebaran, PT PAL Remajakan KM Logistik Nusantara 1

  • Dalam menjalani proses peremajaan KM Logistik Nusantara 1, PT PAL Indonesia tidak hanya berfokus pada peningkatan kinerja, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada aspek perawatan, termasuk kelengkapan atau hull outfitting, serta struktur fundamental seperti lambung dan tangki-tangki.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

SURABAYA - PT PAL memastikan kelancaran angkutan logistik menjelang Ramadhan dan Lebaran 2024. Melalui kerjasama dengan PT PELNI, perusahaan ini telah memulai proses peremajaan KM Logistik Nusantara 1,  peremajaan ini dilakukan guna memastikan kesiapan armada dalam menghadapi lonjakan permintaan logistik selama bulan suci Ramadan.

Dalam menjalani proses peremajaan KM Logistik Nusantara 1, PT PAL Indonesia tidak hanya berfokus pada peningkatan kinerja, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada aspek perawatan, termasuk kelengkapan atau hull outfitting, serta struktur fundamental seperti lambung dan tangki-tangki.

Kelengkapan atau hull outfitting menjadi fokus utama untuk memastikan bahwa kapal dilengkapi dengan segala fasilitas dan peralatan yang diperlukan. PT PAL Indonesia memastikan bahwa setiap detail dari kelengkapan kapal direvitalisasi dengan standar tertinggi, sehingga memastikan keamanan dan efisiensi operasional kapal dalam mengangkut berbagai jenis barang.

Sementara itu, perhatian terhadap struktur fundamental seperti lambung dan tangki-tangki mencerminkan komitmen PT PAL Indonesia terhadap keberlanjutan. Proses peremajaan dilakukan dengan standar konstruksi yang tinggi, memastikan kekuatan dan ketahanan kapal dalam menghadapi tantangan lingkungan laut yang beragam. 

Proses docking juga dilakukan dengan pembersihan menyeluruh, pengecatan, perawatan shaft dan rudder, serta magnetic particle inspection untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan optimal. Langkah-langkah ini diambil guna meningkatkan kehandalan dan keamanan KM Logistik Nusantara 1 selama masa operasional yang intensif.

Sekretaris Perusahaan PT PAL Indonesia, Edi Rianto mengungkap perusahaan berkomitmen sepenuhnya untuk memberikan pengalaman positif kepada pelanggan dengan menyediakan armada yang siap operasional dan layanan yang profesional. 

“Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman positif bagi konsumen melalui kesiapan armada yang optimal serta profesionalisme dalam layanan kami,” ujar Edi  Jumat, 8 Agustus 2024.

Dengan peremajaan ini, PT PAL Indonesia berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kelancaran transportasi laut, yang pada gilirannya mendukung stabilitas perekonomian nasional selama bulan penting ini.

PT PAL Indonesia menegaskan peran krusial KM Logistik Nusantara 1 dalam sistem logistik nasional. Sebagai tulang punggung dalam mengangkut dan mendistribusikan berbagai jenis barang antar-pulau, kapal ini memiliki kapasitas yang diperbaharui dan menjalani perawatan menyeluruh, memastikan layanan terbaik bagi masyarakat. Proses peremajaan tidak hanya berfokus pada kinerja optimal, tetapi juga mengintegrasikan aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan. 

Langkah-langkah peremajaan yang diambil oleh PT PAL Indonesia tidak hanya mengukuhkan posisinya dalam industri logistik, tetapi juga menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.