Ilustrasi lokasi pertambangan emas, tembaga, nikel, batu bara, dan mineral lain / Dok. Archi Indonesia
Industri

Pertama di Asia Tenggara, Erick Thohir akan Luncurkan 5G Mining pada Mei 2022

  • Menteri BUMN Erick Thohir akan meluncurkan 5G Mining, teknologi baru di sektor pertambangan.

Industri

Laila Ramdhini

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negar (BUMN) Erick Thohir akan meluncurkan 5G Mining, teknologi baru di sektor pertambangan pada Mei 2022. Teknologi ini merupakan kolaborasi antara PT Freeport Indonesia dengan grup PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

"5G Mining kita akan luncurkan sebagai negara pertama di Asia Tenggara pada tahun ini di bulan Mei," ujar Erick Thohir, dikutip dari Antara, Senin, 10 Januari 2022.

Menurut Erick, alasan  diluncurkannya 5G Mining karena sektor pertambangan atau mining dengan kedalaman tertentu, manusia sulit untuk bekerja tanpa bantuan alat.

Dengan demikian, pada akhirnya yang bekerja di tambang adalah autonomous vehicle dan robotik. Konsepnya, pekerja mengendalikan robot dari jarak jauh untuk melakukan penambangan di tambang dalam.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan Freeport bekerja sama dengan Telkom Group akan menghadirkan teknologi 5G Mining.

Erick Thohir sangat berharap Presiden Joko Widodo dapat hadir di Freeport untuk meresmikan 5G Mining, mengingat hal ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Hal menarik lainnya, menurut Erick, 5G Mining juga akan meningkatkan konektivitas integrasi dengan penerapan hyper connect network. Rencananya di sana ada kecanggihan autonomous car atau autonomous truck