Ice Tempe Cofee Latte, Minuman Perpaduan Tempe dan Kopi
Destinasi & Kuliner

Pertama di Dunia! KBRI Manila Kenalkan Minuman Perpaduan Tempe dan Kopi

  • Festival Tempe diselenggarakan untuk mempromosikan tempe sebagai bahan makanan sehat bergizi dari Indonesia yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan kepada masyarakat Filipina.
Destinasi & Kuliner
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila berkolaborasi dengan Yayasan Duta Indonesia Maju menyelenggarakan Festival Tempe dalam acara ASEAN Food Festival (AFF) 2023 di SM Mall of Asia, pada 6 Agustus 2023.

Acara tersebut bertajuk “Tempe Goes to Philippines for the World”. Festival Tempe diselenggarakan untuk mempromosikan tempe sebagai bahan makanan sehat bergizi dari Indonesia yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan kepada masyarakat Filipina.

“KBRI sangat mendukung promosi Tempe sebagai superfood kebanggaan bangsa Indonesia di Filipina,” demikian disampaikan Duta Besar RI Agus Widjojo dalam keterangan resmi pada Senin, 7 Agustus 2023. 

Agus menyampaikan, konsep promosi tempe sebagai warisan budaya Indonesia yang dipadukan dengan promosi seni budaya menjadi sangat menarik dan memberikan nilai tambah bagi para pengunjung.

Booth KBRI menghidangkan berbagai macam makanan olahan tempe dan sambal nusantara yang dibagikan kepada para pengunjung secara gratis. Para pengunjung terlihat sangat antusias memadati booth dan berebut untuk merasakan sajian Tempe Orek, Tempe Goreng, Tempe Balado, Tempe Keripik, Tempe Retort Bawang, Bolognese Tempe, dan Rendang Tempe. 

Selain unik, sajian Keripik Tempe yag dihidangkan bersama dengan cocolan sambal berbagai rasa juga menambah nikmat makanan tersebut. Tak hanya itu, booth Indonesia juga didekorasi dengan display berbagai macam rempah khas Indonesia.

Di panggung utama AFF, Ketua Ad Hoc Festival Tempe sekaligus pendiri Komunitas Gastronomi Indonesia, Mimis S. Sasmoyo memberikan penjelasan mengenai berbagai kandungan gizi dan manfaat sehat Tempe. 

Chef Yudhi Harijono dan Chef Eek Kie juga sempat melakukan demonstrasi cara mengolah Tempe menjadi Ice Tempe Coffee Latte, menu pertama di dunia yang dilaunching dalam kegiatan tersebut. 

Hal ini menarik perhatian banyak pengunjung karena selama ini mereka hanya mengenal tempe hanya sebagai salah satu menu makanan dan bukan minuman. Selain stand makanan dan demontrasi minuman perpaduan tempe dan kopi, terdapat pula booth Kriya dan Batik Indonesia. 

Berbagai souvenir unik khas Indonesia dan busana Batik yang warna warni mampu menarik pengunjung untuk melihat dan menjajal berbagai busana Batik. 

Pengunjung semakin memadati booth Batik setelah penampilan Fashion Show dari para model dengan busana formal (Kebaya) dan kasual tampil sangat cantik di panggung utama AFF. Terakhir, kemeriahan panggung budaya Indonesia ditutup dengan tampilan tari tradisional Keser Bojong yang enerjik dari Jawa Barat.

ASEAN Food Festival (AFF) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh ASEAN Ladies Foundation (ALF) dalam rangka peringatan Hari ASEAN 2023. Ketua DWP KBRI Manila Ranny Widjojo saat ini menjabat sebagai Presiden ALF. 

Peserta AFF dihadiri oleh perwakilan dari 10 negara anggota ASEAN dan mitra wicara ASEAN, Korea Selatan. Pembukaan secara resmi AFF disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Filipina dan dihadiri Dubes Negara Anggota ASEAN dan Korea Selatan serta tamu undangan dari berbagai kalangan pemerintah, bisnis, komunitas foodies dan publik.