Pasar Senggol Turkiye 2023
BUMN

Pertamina Bawa 71 UMKM ke Pasar Senggol Turkiye 2023

  • Pertamina membawa UMKM yang sebagian besar berasal dari sektor kuliner.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

ISTANBUL - PT Pertamina (Persero) bawa 71 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan hadir pada pameran Pasar Senggol Turkiye 2023, di Istanbul, Turki. 

Pertamina membawa UMKM yang sebagian besar berasal dari sektor kuliner antara lain bumbu rempah, rendang, aneka kerupuk, gula merah, abon, aneka kripik, kopi, mie, dan sambal. Namun tak hanya dari sektor makanan, ada juga pelaku produk fashion seperti batik dan kain tenun. Produk tersebut berasal dari kota-kota di Indonesia antara lain Bogor, Tangerang, Balikpapan, Palangkaraya, Kepulauan Meranti, Semarang, Situbondo, Payakumbuh dan Jakarta.

Pasar Senggol Turkiye sendiri merupakan festival ekonomi dan budaya Indonesia, yang diinisiasi oleh Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, dan Kementerian BUMN dengan tujuan mempromosikan budaya Indonesia dan sebagai wadah pengusaha Indonesia di Turki, terutama pengusaha produk makanan dan kuliner.

"Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan agar para pelaku UMKM semakin percaya diri dan tidak perlu ragu untuk memasuki pasar internasional," sebut Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.

Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Istanbul,Darianto Harsono  berharap kegiatan Pasar Senggol Turkiye ke depannya memiliki potensi untuk menjadi sarana bagi UMKM Indonesia dalam upaya mereka untuk memasuki pasar Turki, yang sejalan dengan inisiatif UMKM Go Global demi mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. 

Staff Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebutkan BUMN mendukung Pasar Senggol karena dianggap memberikan peluang bagi UMKM yang didukung oleh BUMN untuk berkolaborasi dengan pelaku usaha di Turki. Arya juga menekankan pentingnya tindak lanjut setelah pamera agar dapat menjalin kerja sama berkelanjutan agar UMKM dapat mengembangkan potensi di kancah global.

Pasar Senggol Turkiye tidak hanya menggelar pameran produk, tetapi juga mengadakan acara business matching, terutama untuk sektor restoran. Dalam ajang ini, UMKM Indonesia memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan beberapa restoran Indonesia yang beroperasi di Turki, seperti Warung Nusantara, Warteg Nuriye, Urip Restoran, Imkonezia Restoran, Bakmi Indonesia, Koali Lounge & Dine, dan juga Komunitas Pengusaha Indonesia yang berbasis di Istanbul.