Pertamax Green 95 di SPBU Pertamina berkode 3112802 M.T Haryono,
Nasional

Pertamina Catat Lonjakan Konsumsi BBM Selama Libur Panjang Hingga Pemilu 2024

  • PT Pertamina Patra Niaga mencatat adanya lonjakan konsumsi energi yang signifikan untuk beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM) selama periode liburan Isra Mi'raj, Imlek, dan hingga libur pemilu pekan ini.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga mencatat adanya lonjakan konsumsi energi yang signifikan untuk beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM) selama periode liburan Isra Mi'raj, Imlek, dan hingga libur pemilu pekan ini.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan, hal tersebut terjadi karena adanya peningkatan mobilitas masyarakat meski tidak sesignifikan seperti libur panjang lainnya.

“Berbeda seperti saat libur panjang Natal ataupun Tahun Baru lalu, untuk libur panjang kemarin peningkatan konsumsi hanya terjadi untuk beberapa produk, terutama untuk produk non subsidi,” terang Irto melalui keterangan resmi, pada Jumat, 16 Februari 2024.

Produk BBM tertentu mengalami lonjakan permintaan yang signifikan selama periode tersebut, dengan Pertamax Turbo mengalami peningkatan hingga 4 %dan Dexlite bahkan mencapai 5%. Namun, Solar tidak mengalami peningkatan karena larangan beroperasi bagi kendaraan berat di beberapa wilayah. Sementara itu, Pertalite hanya mengalami kenaikan sekitar 1%.

Sementara itu, Irto menyatakan konsumsi Pertamax Green 95 tetap stabil sejak produk tersebut diperkenalkan pada bulan Juli 2023. Menurutnya, hal ini mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap produk bioetanol tersebut.

Oleh karena itu, Irto mengungkapkan Pertamina Patra Niaga sedang mengevaluasi kemungkinan untuk memperluas distribusi Pertamax Green 95 di Pulau Jawa, terutama di DKI Jakarta. Hal ini disebabkan oleh adanya fasilitas blending bioetanol di Terminal BBM Plumpang.

Saat ini, hanya ada 15 SPBU yang menyediakan produk Pertamax Green 95, dengan 5 di antaranya berlokasi di DKI Jakarta, termasuk SPBU MT Haryono, SPBU Fatmawati 1 dan 2, SPBU Lenteng Agung, dan SPBU Sultan Iskandar Muda.

Sementara, 10 SPBU lainnya terletak di Surabaya, mencakup SPBU Jemursari, Soetomo, Mulyosari, Merr, Ketintang, Karang Asem, Mastrip, Citra Raya Boulevard, Juanda, dan Buduran.

“Fasilitas blending Pertamax Green 95 di Plumpang sudah disiapkan, ini bertujuan untuk memperluas titik suplai yang sebelumnya hanya disuplai dari Surabaya, kami sudah petakan di tahun 2024 akan melakukan perluasan distribusi Pertamax Green 95 fokus di Pulau Jawa,” pungkas Irto.