Nasional

Pertamina Catat Produksi SF-05 Kilang Balikpapan Meningkat 23 Persen

  • PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan meningkatkan produksi produk-produk bernilai tinggi yaitu produk Smooth Fluid (SF)-05 sebanyak 23% pada 2022.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA -  PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan meningkatkan produksi produk-produk bernilai tinggi yaitu produk Smooth Fluid (SF)-05 sebanyak 23% pada 2022.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin mengatakan, adanya kenaikan produksi mencapai 140 ribu barrel dimana pada tahun sebelumnya hanya di angka 113,5 ribu barrel.

"Produk SF-05 merupakan salah satu produk unggulan kilang Balikpapan. Smooth Fluid merupakan cairan fluida yang digunakan dalam kegiatan pengeboran dengan basis hydrocarbon, sebagai komponen dari lumpur pengeboran. Sementara angka 5 menunjuk pada unit kilang yang memproduksinya," katanya dalam keterangan dilansir pada Jumat, 10 Maret 2023.

Peningkatan produksi ini menurut Chandra juga menjadi tanda bahwa produk SF-05 ini memiliki pangsa pasar yang juga meningkat.

Chandra menjelaskan, bahwa SF-05 memiliki karakteristik khusus antara lain non-korosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran, mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi.

Selain itu SF-05 juga mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja, mempunyai keamanan yang baik di area lumpur, serta mempunyai kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka panjang.

SF-05 diproduksi di Kilang Balikpapan sejak tahun 2007. Produk ini juga memiliki keunggulan lain di antaranya ramah lingkungan karena memiliki kandungan aromatik rendah, aman digunakan, menghemat pemakaian aditif lainnya, kompatibel dengan berbagai kondisi pengeboran, harga kompetitif dan jaminan suplai yang baik.