Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga (C&T), Mars Ega Legowo Putra dan Head of Motorsport Lamborghini, Giorgio Sanna berfoto bersama usai Press Conference Renewal Partnership antara Pertamina Lubricants dengan Lamborghini Squadra Corse di ICE BSD
BUMN

Pertamina dan Lamborghini Perpanjang Kontrak Kerja Sama Strategis

  • Kerja sama antara Pertamina dan Lamborghini Squadra Corse berawal dari tantangan yang dihadapi oleh Lamborghini dalam mencari pelumas untuk ajang balapan Super Trofeo di wilayah Asia pada tahun 2014.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Pertamina dan Lamborghini Squadra Corse menjalin kerja sama dalam dunia otomotif. Pertamina Fastron mengumumkan akan memperpanjang kotrak sebagai mitra teknis resmi bagi divisi balap supercar Lamborghini Squadra Corse hingga tahun 2025. 

Kerja sama antara Pertamina dan Lamborghini Squadra Corse berawal dari tantangan yang dihadapi oleh Lamborghini dalam mencari pelumas untuk ajang balapan Super Trofeo di wilayah Asia pada tahun 2014. 

Pertamina Lubricants, yang memahami kondisi dan potensi pasar Asia, kemudian bekerja sama dengan Lamborghini Squadra Corse pada tahun 2015 untuk mengembangkan oli khusus, yaitu Fastron Platinum Racing 10W-60, yang telah melewati uji teknis dan uji jalan untuk digunakan dalam balapan Super Trofeo. Dengan riset dan pengujian komprehensif, Pertamina Lubricants berhasil membuktikan bahwa produk, Pertamina Fastron dapat diandalkan oleh Lamborghini.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, mengungkapkan bahwa kemitraan ini adalah bukti dari peran penting Pertamina dalam arena kompetisi otomotif global. "Kerja sama ini memberikan manfaat besar dalam hal aliansi, inovasi, dan pemasaran, yang akan meningkatkan performa produk-produk Pertamina," ujar Nicke, dilansir siaran pers pertamina, Senin, 14 Agustus 2023.

Nicke juga menyoroti pengakuan global terhadap produk-produk Pertamina, Salah satunya dibuktikan dengan prestasi Pertamina yang masuk peringkat 141 dalam Fortune Global 500. Bahkan, Pertamina merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar 500 perusahaan kelas dunia.

Pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD pada 12 Agustus 2023 menjadi panggung peluncuran Lamborghini Essenza SCV12, sebuah hypercar edisi terbatas yang dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse. Peluncuran ini berlangsung di stan Pertamina dan menjadi momen pertama Lamborghini Essenza SCV12 hadir di Indonesia.

Sebagai salah satu pelaku utama dalam transisi energi nasional, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission pada tahun 2060. Dalam upaya mencapai tujuan ini, Pertamina terus mendorong program-program yang memberikan dampak positif pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG). Semua langkah ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) dalam seluruh aspek bisnis dan operasi Pertamina.