Penandatanganan Mou Pertamina dengan TPDC
BUMN

Pertamina Jajaki Perjanjian Kerja Sama Dengan BUMN Migas Tanzania

  • MoU tersebut menandai awal mula kolaborasi Pertamina bersama TPDC dalam meningkatkan eksplorasi hidrokarbon dan seluruh value chain minyak mentah.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

DAR ES SALAAM- PT Pertamina (Persero) menandatangani kerja sama energi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor migas milik Tanzania,Tanzania Petroleum Development Company (TPDC). Kedua perusahaan tersebut sepakat melakukan kerja sama di bidang eksplorasi dan produksi hulu serta hilir migas di Tanzania. 

Melansir situs resmi Pertamina, penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. Penandatanganan juga disaksikan oleh pemimpin kedua negara, Presiden Joko Widodo dan Presiden Tanzania Samia Suluhu. Selain itu, penandatanganan MoU ini juga dihadiri oleh anak usaha Subholding Hulu, PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP).

MoU tersebut menandai awal mula kolaborasi Pertamina bersama TPDC dalam meningkatkan eksplorasi hidrokarbon dan seluruh value chain minyak mentah. Kedua pihak juga akan mengeksplorasi peluang kerja sama lain dalam sektor migas di Tanzania, termasuk aspek eksplorasi, produksi, dan pengembangan jaringan pipa untuk migas.

“Kerja sama strategis di bidang energi antara TPDC dan Pertamina merupakan sebuah milestone untuk meningkatkan hubungan antara Tanzania dan Indonesia, mengingat TPDC dan Pertamina adalah badan usaha milik negara yang sepenuhnya dimiliki oleh masing-masing pemerintah,” ujar Nicke.

Nicke menjelaskan penandatanganan MoU antara TPDC dan Pertamina menyepakati sejumlah perjanjian diantaranya menjalankan kolaborasi dalam sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas, termasuk peluang investasi di sektor hilir seperti stasiun pengisian Compressed Natural Gas (CNG) dan pasokan Liquid Natural Gas (LNG) dalam skala mini.

Kedua perusahaan juga sepakat untuk memberi pelatihan atau pendidikan untuk meningkatkan kapasitas bagi karyawan TPDC. Nantinya mereka akan dikirim ke Indonesia untuk mendapat pelatihan atau pendidikan untuk meningkatkan kualitas.