<p>PT Pertamina (Persero) membuka kesempatan bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi mitra Pertashop, dengan mendaftar online di laman https://ptm.id/MitraPertashop. / Pertamina</p>
Energi

Pertamina Kaji Pertashop Bisa Jual BBM Subsidi

  • PT Pertamina Patra Niaga buka suara terkait keluhan dari para pengusaha Pertamina Shop (Pertashop) yang berada di ambang kebangkrutan, karena kalah saing dengan pengecer ilegal atau Pertamini yang menjual BBM subsidi Pertalite dan Solar.
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga buka suara terkait keluhan dari para pengusaha Pertamina Shop (Pertashop) yang berada di ambang kebangkrutan karena kalah saing dengan pengecer yang menjual BBM subsidi Pertalite dan Solar.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan pihaknya tengah berdiskusi dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk membolehkan Pertashop menjual barang-barang selain BBM nonsubsidi dan LPG untuk meningkatkan pendapatannya. Termasuk opsi menjual Pertalite nonsubsidi.

"Ketika ada dua produk yang sama tapi harga berbeda juga akan membutuhkan pengawasan yang lebih. Tapi semua masukan dari Pertashop kami akan sampaikan kepada regulator termasuk dengan paguyuban Pertashop," ujarnya saat ditemui di SPBU MT Haryono Senin, 24 Juli 2023.

Selain melakukan kajian dengan regulator, pihaknya memastikan akan ada beberapa Pertashop yang dikerjasamakan dengan beberapa BUMN untuk bisa menjual produk non BBM.

Bahkan Irto menyebut peluang Pertashop menjadi penjual non fuel retailnya. Seperti akan ada Pegadaian, Bulog, BRILink. Harapannya hal ini dapat menambah pemasukan tidak hanya dari BBM tapi dari non fuel retail juga.

Corsec Pertamina Patra Niaga ini mengatakan, kajian Pertashop bisa berbisnis non BBM sudah dilakukan di beberapa daerah seperti Malang, Bogor, dan Sumatera Barat. Hasilnya, kebijakan ini ini cukup membantu menambah penghasilan para pengusaha.

Sekedar Informasi, berdasarkan laman kemitraan Pertamina, Pertashop (Pertamina Shop) adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

Untuk pengusaha yang ingin memiliki Pertashop, Pertamina menerapkan skema dan spesifikasi tersendiri yang terbagi dalam tiga tipe gold, platinum dan diamond.

Sebelumnya, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif buka suara terkait usulan para pengusaha Pertamina Shop (Pertashop) untuk menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan solar.

Arifin mengatakan, kemungkinan opsi tersebut akan dikaji lebih lanjut. Namun ia menegaskan opsi ini belum tentu direalisasikan ke depannya.

"Kalau Pertashop ikut dijual Pertalite, nanti Pertamax tidak laku," katanya kepada awak media di Ice BSD pada Rabu, 12 Juli 2023.