<p>Pelumas Pertamina/pertamina</p>
Industri

Pertamina Lubricants Gandeng Iyara Energy Group Pasarkan Pelumas di Thailand

  • JAKARTA – PT Pertamina Lubricants melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Lubricants Co.,Ltd (PLT) menggandeng Iyara Energy Group Co.,Ltd sebagai salah satu distributor pelumas kendaraan roda dua atau two wheels (2W) di Thailand. Andria Nusa selaku Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants menyebut, kerja sama ini bertujuan untuk mengakselerasi penjualan pelumas segmen retail di Thailand. Menurutnya, […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Pertamina Lubricants melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Lubricants Co.,Ltd (PLT) menggandeng Iyara Energy Group Co.,Ltd sebagai salah satu distributor pelumas kendaraan roda dua atau two wheels (2W) di Thailand.

Andria Nusa selaku Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants menyebut, kerja sama ini bertujuan untuk mengakselerasi penjualan pelumas segmen retail di Thailand.

Menurutnya, negara tersebut mempunyai pasar pelumas yang terus tumbuh. Sebagai induk, pihaknya terus mendorong PLT agar lebih agresif di tengah persaingan yang ketat.

“Dengan adanya anak perusahaan PLT di Thailand, maka pelumas semakin dekat dengan pasar dan konsumen di negara gajah putih ini,” mengutip keterangan resmi, Selasa, 9 Maret 2021.

Andria menambahkan, perseroan berkomitmen untuk terus adaptif dengan permintaan pasar dengan mengutamakan local responsiveness. Setelah sebelumnya menghadirkan produk pelumas 4W dan industri, kini PLT mengincar potensi pasar segmen 2W dengan memasarkan merek Enduro.

Disebutkan, pertumbuhan pasar pelumas 2W di Thailand terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Bahkan, segmen ini menjadi yang paling kuat di tengah pandemi.

Produk pelumas sendiri sudah hadir di Thailand sejak lima tahun lalu, ketika PLT resmi berdiri sebagai anak perusahaan Pertamina Lubricants. Perusahaan ini kini memiliki tiga distributor yang fokus pada segmen retail 4W dan industri.

Pada awal 2015, PLT sudah memproduksi dan mendistribusikan produk pelumas industri untuk berbagai sektor usaha, salah satunya agrobisnis. Adapun produk pelumas yang menjadi unggulan, yakni Meditran SXT 15W-40 API CI-4 Plus dan Turalik 52 ISO VG 68.

Satu tahun berikutnya, PLT secara resmi melakukan pengiriman perdana produk pelumas Turalik ke TGI Import Export Co.,Ltd. Kemudian, varian lain untuk segmen otomotif 4W yang diproduksi, yakni Fastron Series yakni Fastron Gold 5W-30 API SN, Fastron Techno 10W-40 API SN, dan Fastron Diesel Gold 10W30 CI4.