Konpers SKK Migas 2023
Nasional

Pertamina Makin Dekat Akuisisi Blok Masela, Siap Geser Shell Secepatnya?

  • Rencana PT Pertamina (Persero) akan mengeser Shell di Blok Masela nampak semakin dekat. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan saat ini proses negosiasi masih berjalan.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Rencana PT Pertamina (Persero) akan mengeser Shell di Blok Masela nampak semakin dekat.  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan saat ini proses negosiasi masih berjalan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, proses negosiasi antara Shell dan Pertamina masih terus berjalan dan berharap dalam waktu dekat dapat segera selesai.

"Untuk Abadi Masela sebagaimana diketahui karena yang sudah berproses adalah Pertamina dengan Shell untuk mengambil PI (participating interest)-nya Shell ini sedang dalam proses, dan diharapkan dalam waktu segera," katanya saat konpers di Wisma Mulia pada Rabu, 18 Januari 2023.

Namun sayangnya hingga saat ini, Dwi belum membocorkan lebih lanjut berapa besaran nilai pengambilalihan tersebut. Meski angin kencang Pertamina yang akan menggantikan Shell terus berhembus.

Dwi mengaku, selain Pertamina ada pihak lain yang menyatakan minat masuk ke Blok Masela. Maka Kepala SKK Migas ini berharap, Pertamina segera mencapai kesepakatan dengan Shell agar pihak-pihak tersebut juga bisa bergabung mengelola blok abadi tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku masih terus berupaya melakukan pencarian mitra baru pengganti Shell Upstream Overseas Ltd di Blok Masela.

Adapun pembagian porsi saham di blok Masela yaitu ada Inpex sebesar 55%, Shell 35% dan sisanya dimiliki oleh badan usaha milik daerah (BUMD) sebesar 10%. Setelah pengumuman Shell ingin melepas sahamnya dari blok Masela, ladang gas Maluku dalam posisi mangkrak dan masih mencari.