<p>Gedung PT Pertamina (Persero). / Pertamina.com</p>
Nasional

Pertamina NRE Pasok 570 Megawatt Energi Bersih dalam Proyek GRR Tuban

  • PT Pertamina New Renewble Energy (NRE) memasok energi gas bersih dengan kapastas 570 Mega Watt

Nasional

Debrinata Rizky

JAKARTA - PT Pertamina New Renewble Energy (NRE) memasok energi gas bersih berkapasitas 570 Megawatt untuk proyek Grass Root Refinery (GGR) di Tuban, Jawa Timur.

Dalam pelaksanaannya, proyek Pertamina NRE ini akan menggandeng Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP).

“Sebagai pemegang mandat transisi energi, Pertamina NRE fokus untuk melakukan transisi bisnis Pertamina, dan memastikan transisi energi berjalan baik,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dalam siaran pers, Jumat 22 April 2022.

Nicke menjelaskan, pasokan energi ini akan dipenuhi melalui pengembangan cogeneration and desalination plant . Pembangkit listriknya berbasis LNG yang didesain dengan kapasitas 570 MW dan uap dengan kapasitas 84 hingga 1.156 ton per jam.

Pemanfaatan LNG, lanjut Nicke, adalah pilihan tepat untuk menjawab kebutuhan di masa transisi energi. Terlebih, saat ini energi terbarukan belum bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan energi nasional.

Sebagai informasi, proyek GRR Tuban merupakan salah satu mega proyek Pertamina yang mengintegrasikan kilang minyak dengan kompleks petrokimia. GRR Tuban memiliki kapasitas pengolahan minyak mentah sebesar 300 ribu barel per hari dan nantinya akan memproduksi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 230 ribu barel per hari secara total.

Selain itu, produk petrokimia dan aromatik yang dihasilkan bakal sebesar 4.1 juta ton per tahunnya. Ditargetkan proyek ini beroperasi pada 2027.