Pertamina
Industri

Pertamina NRE Raih Predikat 'Low Risk Category di Sektor ESG

  • Hasil penilaian tersebut menempatkan Pertamina NRE di peringkat ketiga secara global dalam sektor Independent Power Producer & Trader (IPP & Traders) dalam hal ESG Rating.
Industri
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Pertamina New Renewable Energy (Pertamina NRE), salah satu anak perusahaan di bawah naungan Pertamina yang berfokus pada pengembangan energi bersih, memperoleh penilaian tinggi di sektor Environmental, Social, and Governance (ESG) yang dilakukan oleh lembaga pemeringkat global, Sustainalytics.

Hasil penilaian tersebut menempatkan Pertamina NRE di peringkat ketiga secara global dalam sektor Independent Power Producer & Trader (IPP & Traders) dalam hal ESG Rating.

ESG Rating adalah ukuran dalam menilai kinerja berkelanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Pertamina NRE mendapatkan nilai 13.0 dan tingkat risiko 'Low Risk Category'. Pencapaian ini menunjukkan komitmen kuat perusahaan terhadap praktik bisnis yang berkelanjutan terhadap lingkungan.

“Kerja sama baik antara fungsi Sustainability di Pertamina dengan tiap Subholding telah berhasil membawa Pertamina Grup meraih 4 ESG rating dari Sustainalytics,” ungkap VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso , dilansir dari pertamina.com, Rabu, 13 September 2023.

Sustainalytics, lembaga ESG rating global terkemuka, memiliki reputasi tinggi dalam menilai risiko ESG dari perusahaan yang beroperasi di berbagai sektor industri. Penilaian mereka mencakup sejauh mana perusahaan terpapar terhadap risiko ESG yang relevan dengan industri mereka dan sejauh mana mereka berhasil mengelola risiko tersebut.

Pertamina NRE sendiri adalah subholding dari Pertamina yang berperan sebagai garda terdepan dalam memajukan transisi energi menuju pengembangan energi bersih. Perusahaan ini telah mengalokasikan fokus bisnisnya pada tiga pilar utama, yaitu solusi rendah karbon (low carbon solutions), energi terbarukan (renewable energy), dan penciptaan bisnis baru (new & future business). 

Dengan upaya ini, Pertamina NRE berperan penting dalam mendukung peralihan menuju sumber energi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Prestasi Pertamina NRE dalam peringkat ESG yang tinggi mencerminkan komitmen yang kuat untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan menyediakan solusi energi yang lebih bersih. Pencapaian ini juga mengukuhkan posisi Pertamina NRE sebagai pemimpin utama dalam mendukung transformasi energi di Indonesia.