Di Tengah Tantangan Global, Pertamina Sukses Hemat Anggaran sekitar Rp 6 Triliun
Nasional

Pertamina Pastikan 2023 BBM RON di Bawah 90 Resmi Tidak Dijual

  • PT Pertamina (Persero) menegaskan sudah tidak menjual bahan bakar minyak (BBM) RON dibawah 90 atau premium. Di mana premium saat ini memiliki RON 88.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menegaskan sudah tidak menjual bahan bakar minyak (BBM) RON dibawah 90 atau premium. Di mana premium saat ini memiliki RON 88.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, hingga saat ini BUMN menjual BBM paling rendah dengan RON 90 atau Pertalite.

"BBM yang disalurkan Pertamina paling rendah RON 90," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting saat dihubungi TrenAsia Rabu, 26 Oktober 2022.

Premium tak lagi dijual seiring dengan ditetapkannya BBM Pertalite sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP). Namun hingga saat ini hanya SPBU VIVO yang masih menjual BBM di bawah RON 90, yakni RON 89 dengan nama Revvo 89.

Sebelumnya, manajemen PT Vivo Energy Indonesia telah menyatakan akan menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada 31 Desember 2022. Tak hanya VIVO, pemerintah memastikan BBM RON 88 dan 89 tidak boleh penjualanbelikan lagi per 1 Januari 2023. Hanya BBM jenis RON 90 ke atas yang boleh beredar tahun depan.

Kebijakan itu mengacu Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Hingga saat ini pemerintah tengah gencar mengdistribusikan agar BBM Pertalite dapat dinikmati oleh pengendara yang berhak saja, bukan untuk kalangan masyarakat mampu dengan menggunakan MyPertamina.

Namun regulasi ini masih dalam tahap revisi Perpres Nomor 191Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.