Ilustrasi PT Pertamina Patra Niaga.
Industri

Pertamina Patra Niaga Salurkan Energi Terbarukan Secara Perdana ke Trakindo

  • Produk energi terbarukan yang disalurkan yaitu Pertamina Renewable Diesel (Pertamina RD) yang akan digunakan sebagai bahan bakar untuk power generator Caterpillar Generator Set/CAT Genset tipe 3516E.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga menyalurkan produk energi terbarukan secara perdana kepada PT Trakindo Utama sebagai bahan bakar untuk kebutuhan power generator.

Produk energi terbarukan yang disalurkan yaitu Pertamina Renewable Diesel (Pertamina RD) yang akan digunakan sebagai bahan bakar untuk power generator Caterpillar Generator Set/CAT Genset tipe 3516E.

Pertamina RD sendiri merupakan hydrotreated vegetable oil (HVO) kelas 1 yang dikembangkan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dari produk olahan sawit.

Secara spesifikasi, Pertamina RD menghasilkan emisi gas buang dengan angka setana di atas 70 dan kandungan sulfur di bawah 10 part per-million (ppm) sehingga membuat produk ini dinilai lebih baik dari produk biosolar.

Uji kinerja CAT 3516E dengan penggunaan Pertamina RD secara perdana dilakukan di Trakindo Yard Cilincing, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Selain menguji bahan bakar Pertamina RD, rangkaian uji coba lainnya dilakukan dengan menggunakan bahan bakar yang berbeda, yakni menggunakan B40 dan juga campuran 50% antara HVO dengan B40.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, dalam penyaluran Pertamina RD kepada konsumen industri, pihaknya bersinergi dengan KPI sebagai subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.

Produk Pertamina RD ini dinilai dapat berkontribusi menurunkan emisi dari bahan bakar hingga 70%.

"Selain ramah lingkungan, Pertamina RD dapat diisi tanpa modifikasi, menurunkan intensitas karbon, serta menjaga kinerja genset atau mesin diesel lainnya," kata Irto dikutip dari keterangan tertulis, Minggu, 21 Mei 2023.

General Manager Power System Trakindo Erwin Muljosantoso mengatakan, CAT 3516E akan digunakan untuk industri data center.

Menurut Erwin, genset dengan bahan bakar yang rendah karbon dapat menjadi salah satu solusi untuk mendukung penerapan green data center.

"Demi mendorong percepatan realisasi konsep green data center yang lebih ramah lingkungan, kami berkolaborasi dengan Pertamina dalam menggunakan HVO untuk unit CAT 3516E dan terbukti bahwa bahan bakar tersebut masih memenuhi standar kualitas back up power di industri data center," ujar Erwin.