SIG dan PTPL jalin kerja sama untuk kembangkan pelumas industri.
BUMN

Pertamina Penuhi Kebutuhan Pelumas untuk SIG

  • PT Pertamina Lubricants tidak hanya memformulasikan oli yang sesuai dengan spesifikasi dan kerja mesin di unit-unit operasional SIG Group, namun juga memenuhi standar global.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

YOGYAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) jalin kerja sama dengan Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Lubricants (PTPL) untuk memenuhi kebutuhan pelumas di seluruh kegiatan operasional SIG Group. 

PTPL tidak hanya memformulasikan oli yang sesuai dengan spesifikasi dan kerja mesin di unit-unit operasional SIG Group, namun juga memenuhi standar global.

Kerja sama tersebut diresmikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Pengembangan Pelumas Industri di Yogyakarta, pada Jumat, 17 November 2023 dan ditandatangani oleh Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants, Sari Istiani Rachmi dan Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari.

Kerja sama ini dilaporkan juga akan membuka peluang sejumlah bentuk kerja sama lanjutan seperti riset bersama dan joint product development pelumas dan gemuk (grease) untuk kebutuhan operasional SIG Group, dan pengujian komprehensif di fasilitas Lubricants Technology Center (LTC) milik PTPL.

Selain itu, kerja sama ini juga menjadi wadah untuk pertukaran pengetahuan dan transfer data guna mempercepat inovasi produk dari kedua perusahaan milik BUMN ini.

LTC adalah pusat riset dan inovasi pelumas pertama di Indonesia. LTC dilaporkan akan dilengkapi dengan fasilitas modern yang dikelola oleh tim product development yang kompeten dan sumber daya manusia (SDM) profesional dengan lebih dari 200 parameter uji.

Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari, menyatakan dalam keterangan resmi pada Minggu, 19 November 2023 kerja sama antara SIG dan PTPL menjadi wujud komitmen kuat SIG dalam meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam seluruh kegiatan operasionalnya. 

Hal ini merupakan wujud dukungan terhadap industri dalam negeri dari SIG dan kontribusi dalam menjalankan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang diinisiasi oleh Pemerintah. Reni melanjutkan, kerja sama ini juga memiliki tujuan untuk menciptakan ekosistem bisnis yang mendukung pertumbuhan dan penguatan perekonomian Indonesia.

Reni Wulandari menyatakan penggunaan produk dalam negeri merupakan bagian dari inisiatif strategis yang tercantum dalam Sustainability Road Map SIG 2020-2030. Dalam hal ini, SIG mendukung program dan kebijakan pemerintah terkait P3DN dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).  

“Tujuannya untuk pertumbuhan perekonomian nasional dengan cara membuka kesempatan seluas-luasnya bagi industri besar dalam negeri dan usaha kecil menengah, untuk ikut serta dalam bagian rantai pasok SIG.," ujar Reni Wulandari.

Terlebih, SIG dan PTPL berbagi nilai yang sama dalam menghadirkan produk kelas dunia. Sehingga sinergi ini membantu memastikan keterandalan dan kualitas dalam proses produksi di SIG Group

Direktur Sales and Marketing PTPL, Sari Istiani Rachmi menyebutkan kerja sama ini juga akan menjadi langkah penting untuk mendorong riset dan inovasi di industri pelumas yang diproyeksikan mengalami pertumbuhan positif sebesar 3% setiap tahunnya.

“Kami memahami pentingnya riset agar dapat memformulasikan pelumas sesuai dengan spesifikasi dan kerja mesin, khususnya mesin dengan teknologi terkini. Kami adaptif, agile dan cepat dalam merespons kebutuhan konsumen,” ujar Sari Istiani Rachmi.