Nampak pelanggan tengah melakukan pengisian BBM jenis Pertamax di sebuah SPBU kawasan Rest Area Karang Tengah Tol Jakarta Tangerang. PT Pertamina hari ini 3 Januari 2023 pukul 14.00 menurunkan harga Pertamax,Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Energi

Pertamina Rogoh Kocek Rp116 Triliun untuk Pasokan BBM Jelang Nataru

  • PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana hingga US$7,5 miliar atau Rp116 triliun (kurs Rp15.400 per dolar AS) untuk suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024

Energi

Debrinata Rizky

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana hingga US$7,5 miliar atau Rp116 triliun (kurs Rp15.400 per dolar AS) untuk suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Hal ini diungkapkan oleh, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di mana saat ini pihaknya tengah memastikan stok BBM Subsidi atau Jenis Bahan Bakar Tertentu (JBT) seperti Solar Subsidi dan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) atau Pertalite (RON 90) pada saat periode satgas Nataru tahun 2023-2024 dalam kondisi aman.

"Kaitannya dengan bagaimana kita mengamankan nanti Natal dan Tahun Baru. Kami pastikan bahwa rata-rata stok kita adalah antara 21 sampai 26 hari dengan nilai idle money yang harus kami tahan hari ini di inventori itu sekitar US$7,5 miliar," kata Nicke salam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI dilansir pada Rabu, 22 November 2023.

Pertamina menyiapkan empat program untuk memastikan pasokan dan distribusi BBM dan LPG jelang Natal dan Tahun Baru berjalan lancar. Di antaranya yakni layanan energi, layanan remote area, layanan promosi, dan layanan tambahan.

Pertamina melakukan inspeksi terhadap kelayakan sarana dan infrastruktur (sarfas) Terminal BBM (TBBM) seperti pipa, tangki, dan lainnya. Lalu sarfas SPBU, mobil tangki, dan kesehatan awak mobil tangki selama periode Satgas Nataru.

Setidaknya, perusahaan menyediakan layanan BBM dan LPG melalui 7.400 SPBU, 667 SPBE, 48.207 Agen/Outlet LPG, 42 Kiosk Pertamina Siaga, 391 Motorist, 201 Mobil Tangki Standby, 68 DPPU, 114 Terminal BBM, dan 23 Terminal LPG.

Kemudian, penambahan tangki/modular di SPBU eksisting di remote area atau kepulauan kecil. Berikutnya komunikasi intens dengan PEMDA setempat terkait antisipasi cuaca ekstrim, dan kerja sama dengan KRI untuk perbantuan angkutan BBM atau LPG saat cuaca ekstrim.

Berikutnya, Pertamina juga memberikan berbagai program promosi untuk konsumen berupa, Promo My Pertamina, Promo Pembelian Pelumas, Promo Produk Bright Store, Promo Tiket Pesawat bersama Pelita Air Service, dan Promo Menginap di Hotel Patra Jasa.