Nampak pelanggan tengah melakukan pengisian BBM jenis Pertamax di sebuah SPBU kawasan Rest Area Karang Tengah Tol Jakarta Tangerang. PT Pertamina hari ini 3 Januari 2023 pukul 14.00 menurunkan harga Pertamax,Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Pertamina Sesuaikan Harga BBM Nonsubsidi Mulai Desember 2023

  • Penyesuaian harga kali ini melibatkan beberapa jenis BBM nonsubsidi, termasuk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Sementara itu, harga BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar tetap dipertahankan tanpa mengalami perubahan.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) kembali mengumumkan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) yang berlaku mulai 1 Desember 2023. 

Penyesuaian harga kali ini melibatkan beberapa jenis BBM nonsubsidi, termasuk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Sementara itu, harga BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar tetap dipertahankan tanpa mengalami perubahan.

Dilansir laman resmi pertamina, Jumat, 1 Desember 2023, Melalui laman resmi Pertamina, tercatat bahwa harga Pertamax (RON 92) di DKI Jakarta, yang sebelumnya pada November berada di angka Rp13.400 per liter, akan mengalami penurunan menjadi Rp13.350 per liter. 

Harga Pertamax Turbo (RON 98) di DKI Jakarta, yang sebelumnya Rp15.500 per liter pada Oktober, akan mengalami penurunan menjadi Rp15.350 per liter untuk wilayah Jabodetabek.

Selain itu, harga BBM jenis solar non-subsidi seperti Dexlite juga mengalami penyesuaian. Dari harga sebelumnya sebesar Rp16.950 per liter, kini menjadi Rp15.550 per liter. Begitu juga dengan harga Pertamina Dex yang awalnya Rp17.750 per liter, berubah menjadi Rp16.200 per liter. Sedangkan harga Pertamax Green 95 yang sebelumnya Rp15.000 per liter akan turun menjadi Rp14.900 per liter.

Meskipun terjadi penyesuaian harga pada beberapa jenis BBM nonsubsidi, BBM subsidi seperti Pertalite yang sebelumnya dijual seharga Rp10.000 per liter, serta Solar seharga Rp6.800 per liter, tidak mengalami perubahan harga.

Penyesuaian harga BBM yang diumumkan oleh Pertamina ini didasarkan pada Surat Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 245 Tahun 2022. Ini adalah aturan  tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Perubahan harga BBM Pertamina bervariasi tergantung pada wilayah masing-masing dan berlaku efektif mulai 1 Desember 2023. Dengan adanya penyesuaian ini, diharapkan konsumen dapat memperhatikan perubahan harga yang terjadi pada jenis BBM yang mereka gunakan.