Depo Pertamina Plumpang Terbakar
Nasional

Pertamina Siapkan Skenario Ganti Suplai BBM Depo Plumpang

  • PT Pertamina (Persero) menyiapkan skenario Reguler, Alternatif dan Emergency (RAE) terkait dengan pengganti suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara yang terbakar pada Jumat malam 3 Maret 2023.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyiapkan skenario Reguler, Alternatif dan Emergency (RAE) terkait dengan pengganti suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara yang terbakar pada Jumat malam 3 Maret 2023.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan Pertamina memastikan pasokan BBM tetap aman dengan back up supply dari terminal terdekat terutama wilayah Jakarta.

"Pertamina memastikan pasokan BBM tetap aman dengan back up supply dari terminal terdekat yaitu TBBM Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, dan TBBM Ujung Berung. Pasokan BBM juga diamankan melalui dukungan dari Kilang Cilacap dan Balongan yang disalukan lewat laut ke TBBM Tanjung Priuk," ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Jumat Malam, 3 Maret 2023.

Hingga saat ini pihaknya tengah fokus menangani kejadian di Integrated Terminal Jakarta, PT Pertamina (Persero) dengn memprioritaskan pemadaman dan evakuasi warga di sekitar lokasi.

Nicke turut mengucapkan keprihatinannya dan permohonan maaf atas kejadian ini. Serta akan membentuk tim gabungan dengan PT Pertamina Patra Niaga dan fungsi terkait untuk menginvestigasi penyebab terjadinya insiden.

Adapun untuk penyebab kejadian masih dalam proses investigasi dan berkoordinasi dengan pihak berwenang.

"Pertamina akan memberikan penanganan yang terbaik bagi masyarakat terdampak dan melakukan evaluasi dan merefleksi menyeluruh di internal demi menghindari kejadian serupa terulang," tandas Nicke.