Pertemuan Jokowi dan Prabowo di rumah pribadi Jokowi, di Sumber, Solo
Nasional

Pertemuan Prabowo-Jokowi hingga Gibran Hilang, Sejauh Mana Polemik Akun Fufufafa?

  • Menurut hasil analisis dari Drone Emprit, polemik mengenai akun Fufufafa mulai mencuat di media sosial pada 29 Agustus 2023 dan terus menjadi sorotan hingga saat ini.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

SOLO - Ada suasana berbeda ketika Prabowo Subianto, presiden terpilih Republik Indonesia, mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Gibran Rakabuming Raka, yang juga wakil presiden terpilih, menjemput langsung sang ketua umum Gerindra. 

Pertemuan yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo ini dikatakan bertema silaturahmi, kebersamaan, dan keberlanjutan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. 

"Benar, di kediaman pribadi Pak Jokowi di Sumber. Silaturahmi, kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya," tegas Pratikno kepada media di Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024.

Ahmad Muzani, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, turut mengonfirmasi bahwa sebagian pembicaraan membahas persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Sayangnya, rincian lain dari diskusi tersebut masih tertutup rapat.

"Sebagian pembicaraan terkait persiapan tanggal 20 Oktober, yang saya dengar begitu, saya enggak ikut, sudah gitu ya, terang Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024.

Di balik pertemuan hangat ini, terdapat kabar lain yang sempat menghiasi jagat maya sebuah akun Kaskus bernama Fufufafa yang diduga milik Gibran.

Gibran "Hilang", Sejauh Mana Polemik Akun Fufufafa

Dalam beberapa bulan terakhir, publik dikejutkan dengan absennya Gibran dari aktivitas media sosial yang biasanya aktif, terutama di Instagram. Hilangnya putra sulung Jokowi ini dari dunia maya bersamaan dengan naiknya isu akun anonim bernama Fufufafa, yang kerap mencuit hal-hal kasar, dan negatif kepada Prabowo Subianto. 

Akun Fufufafa ramai dibicarakan setelah beberapa tangkapan layar menunjukkan komentar pedas, gunjingan, senonoh yang diarahkan kepada Prabowo Subianto dan keluarganya. 

Saat pertemuan penting antara Prabowo dan Gibran berlangsung, spekulasi soal akun Fufufafa masih menjadi perbincangan hangat di media sosial. Netizen saling berbagi teori dan tanggapan mengenai dugaan keterlibatan Gibran dengan akun anonim tersebut. 

Sementara itu, Gibran belum memberikan tanggapan resmi terkait rumor ini, namun absennya ia dari media sosial menambah bahan bakar spekulasi menjadi semakin panas.

Menurut hasil analisis dari Drone Emprit, polemik mengenai akun Fufufafa mulai mencuat di media sosial pada 29 Agustus 2023 dan terus menjadi sorotan hingga saat ini. 

Meski asal mula unggahan tersebut tidak dianalisis secara detail, data menunjukkan bahwa pada tanggal 30 Agustus, akun X @arsipaja membagikan tangkapan layar dari unggahan akun Fufufafa, termasuk komentar kontroversial terkait Prabowo Subianto. 

Dari analisis sentimen terhadap 60.800 percakapan yang terjadi antara 27 Agustus hingga 12 September, tercatat bahwa percakapan bernada negatif mendominasi (39.600 cuitan), diikuti oleh nada positif (18.000 cuitan) dan netral (6.400 cuitan). Dari total percakapan ini, 95% berasal dari warganet, sementara 5% berasal dari media massa.