Stop Beli 5 Barang Ini Kalau Ingin Cepat Punya Rumah
Gaya Hidup

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Beli Rumah Bekas

  • Jangan buru-buru membeli rumah bekas hanya karena harganya murah. Pertimbangkan 5 hal ini agar tidak rugi.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Memiliki rumah merupakan salah satu impian banyak orang. Akan tetapi, pembelian rumah membutuhkan biaya yang cukup besar, oleh karena itu Anda perlu teliti saat membeli rumah, apalagi rumah bekas.

Rumah baru atau bahkan membangun rumah dari nol mungkin akan membutuhkan uang yang tidak sedikit. Tidak mengherankan jika banyak orang yang memilih membeli rumah bekas karena harganya lebih murah atau miring. 

Akan tetapi, sebelum Anda terburu-buru tergiur beli rumah bekas, sebaiknya pertimbangkan 5 hal berikut ini.

Kenali Daerah Rumah 

Mungkin Anda sering melewati tempat daerah rumah yang akan Anda beli. Sebelum Anda benar-benar membelinya, Anda perlu mengenal daerah tersebut dari perspektif seseorang yang belum pernah ke daerah tersebut dan berencana untuk membeli rumah itu. Kunjungi daerah tersebut pada waktu yang berbeda dan cobalah untuk berbicara dengan penduduk setempat untuk mengenal daerah tersebut.

Tentukan Jenis Rumah yang Tepat

Pikirkan tentang berapa banyak waktu yang bersedia Anda curahkan demi memelihara rumah ketika memutuskan untuk membeli rumah tersebut. Anda bisa mencoba mencari tahu jenis rumah yang tepat untuk Anda, apakah kondominium, rumah keluarga tunggal, atau apartemen. 

Evaluasi Kebutuhan dan Tujuan Jangka Panjang

Bersikaplah secara realistis tentang jenis rumah yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Jika Anda suka mencari hiburan atau liburan di akhir pekan, cobalah untuk memilih rumah yang tidak terlalu jauh dari tempat hiburan. Namun, jika Anda ingin rumah tersebut suatu hari nanti berfungsi sebagai tempat pensiun, maka cobalah cari apakah ada layanan perawatan kesehatan di daerah tersebut.

Sewa Agen Real Estate Lokal

Membeli rumah bisa menjadi daerah yang rumit. Anda bisa mencoba mencari pertolongan dengan memperoleh bantuan dari real estat lokal untuk mengenal daerah tersebut.

Hitung Biaya Tambahan

Saat Anda membeli rumah bekas, Anda tidak hanya mengeluarkan uang untuk membeli rumah tersebut. Hal ini karena Anda harus menghitung biaya tambahan seperti biaya pemeliharaan rumah bekas.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membeli rumah bekas. Pastikan untuk berpikir secara cermat dan hati-hati serta tahan keinginan Anda untuk membeli secara impulsif.