<p>davidsuzuki.org</p>
Industri

Perubahan Iklim Pengaruhi Investasi di Masa Depan

  • Sejak November, Robert Gibbins telah menjelajahi dunia untuk menghadiri konferensi ilmiah, mulai dari tempat asalnya di Jenewa, Swiss, lalu ke Arizona, Spanyol, dan Austria. Acara-acara tersebut memiliki tema bersama perubahan iklim dan dihadiri oleh para akademisi, birokrat, dan politisi. Satu kelompok jelas tidak ada. “Saya tidak melihat investor lain di sana,” katanya. Hal itu mengejutkannya. […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

Sejak November, Robert Gibbins telah menjelajahi dunia untuk menghadiri konferensi ilmiah, mulai dari tempat asalnya di Jenewa, Swiss, lalu ke Arizona, Spanyol, dan Austria. Acara-acara tersebut memiliki tema bersama perubahan iklim dan dihadiri oleh para akademisi, birokrat, dan politisi. Satu kelompok jelas tidak ada. “Saya tidak melihat investor lain di sana,” katanya.

Hal itu mengejutkannya. “Perubahan iklim adalah sesuatu yang harus kita sertakan dalam setiap analisis, setiap investasi,” katanya. Kebanyakan orang berpikir atau berharap bahwa pemanasan global adalah sesuatu yang harus diperhitungkan oleh anak atau cucu mereka. Tetapi, Gibbins tidak sepakat, Ia menilai bahwa perubahan iklim harus diantisipasi sejak sekarang.

Ia percaya, perubahan iklim akan menjadi tekanan utama pada stabilitas ekonomi di banyak negara. Seperti yang lihatnya, semua investor hari ini memiliki akses ke data pemerintah dan ekonomi terbaik. Ia melakukan perjalanan 150 hari setahun untuk mengejar keunggulan dan mengharapkan 24 pro investasi dan ekonom melakukan hal yang sama.

Gibbins juga bertemu dengan birokrat lokal, jurnalis dan eksekutif bisnis untuk mengukur bagaimana keputusan dibuat dan seberapa baik fungsi institusi lokal dan apakah mereka dapat menangani tantangan seperti perubahan iklim.

Terlepas dari keputusan Presiden Trump untuk menarik diri dari kesepakatan iklim Paris, Gibbins mengantisipasi AS pada akhirnya akan memimpin dengan Eropa dalam kesepakatan global untuk membatasi emisi karbon dan menghukum negara-negara yang tidak mematuhi.