Pelanggan Berbelanja Pakaian di Sebuah Kios di dalam Pasar Grosir di Beijing, China (Reuters/Tingshu Wang)
Dunia

Perubahan Strategi Pedagang China dan Dampaknya pada Tren Deflasi

  • Potongan harga, peningkatan toko diskon, dan perusahaan yang menawarkan versi produk mereka yang lebih murah dan berskala lebih kecil dapat menciptakan siklus berbahaya dari marjin keuntungan yang lebih rendah. Hal ini dapat membatasi pertumbuhan upah, lapangan kerja, serta lebih meredam selera konsumen.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Perubahan strategi pedagang China yang beralih ke barang dan layanan berharga lebih rendah untuk menarik konsumen yang berhati-hati terhadap biaya berpotensi menyematkan tren deflasi terkini secara lebih permanen.

Potongan harga, peningkatan toko diskon, dan perusahaan yang menawarkan versi produk mereka yang lebih murah dan berskala lebih kecil dapat menciptakan siklus berbahaya dari marjin keuntungan yang lebih rendah. Hal ini dapat membatasi pertumbuhan upah, lapangan kerja, serta lebih meredam selera konsumen.

Hal ini berpotensi menciptakan hambatan lebih banyak bagi pemulihan China yang terhenti setelah pandemi COVID-19. Persaingan ketat untuk menarik perhatian konsumen China yang hemat membentuk kembali lanskap ritel negara ekonomi terbesar kedua dunia itu. 

Kekhawatiran deflasi menarik perbandingan lebih lanjut dengan stagnasi dekade yang hilang di Jepang. “Penurunan pertumbuhan pendapatan menormalkan konsumsi yang lebih rendah di China, dengan beberapa industri mengalami penurunan pendapatan, karena perusahaan menurunkan harga untuk mempertahankan pangsa pasar mereka dan menghindari tekanan,” kata Wang Dan, seorang ekonom yang berbasis di Shanghai di Hang Seng Bank.

Banyak contoh pengecer China yang menawarkan alternatif dengan harga lebih rendah telah muncul sebagai tanggapan atas pemotongan biaya konsumen. Haidilao (6862.HK), jaringan restoran hotpot terbesar di China yang terkenal dengan layanan premium dan penuh perhatian, pada akhir September membuka dua gerai merek dengan harga lebih murah, Hailao Huoguo, yang menawarkan hidangan daging sapi dengan harga serendah 28 yuan (US$3,92), turun dari 70 yuan di rantai andalannya.

Makanan Huoguo juga disajikan dengan gaya kafetaria, sehingga mengurangi biaya staf. Pembuat minuman keras Moutai (600519.SS), yang botol baijiu berukuran 500ml dengan merek dagangnya dijual seharga 1.499 yuan (US$209,89), tahun ini meluncurkan produk latte dan cokelat yang dicampur dengan minuman keras tersebut, dijual dengan harga serendah 35 yuan.

Anggota rantai keanggotaan Walmart (WMT.N) Sam's Club dan Freshippo milik Alibaba (9988.HK) telah terlibat dalam perang harga selama lima bulan terakhir dengan kedua belah pihak memangkas harga pada item populer seperti pastri durian puff hingga 34% di Sam's.

“Pengejaran nilai uang di antara konsumen membalikkan perdagangan selama bertahun-tahun di hampir setiap kategori,” ujar Mark Tanner, pendiri agensi pemasaran China Skinny yang berbasis di Shanghai, dikutip dari Reuters, Rabu, 20 Desember 2023.

Diskon dan peluncuran produk yang lebih murah telah menyebabkan penurunan harga jual rata-rata untuk beberapa kategori produk, termasuk suplemen, susu, perawatan kulit, dan kosmetik.

Para pembuat kebijakan mengatakan mereka memperkirakan inflasi akan meningkat, tetapi data awal bulan ini menunjukkan harga konsumen jatuh pada laju tercepat dalam tiga tahun dan pendalaman deflasi gerbang pabrik.

Sementara ekonomi, didorong oleh kredit dan investasi yang diarahkan negara, diperkirakan akan meningkat 5% atau lebih tahun ini, konsumen tidak merasakan pertumbuhan itu, dengan pengangguran kaum muda yang tinggi dan beberapa pekerja kantoran mendapatkan upah yang lebih rendah.

Andy Yang, seorang mahasiswa di Beijing, baru-baru ini pergi ke Hailao Huoguo dengan teman-teman dan berencana untuk beralih dari Haidilao dalam jangka panjang. “Saya lulus tahun depan tetapi saya masih belum mendapatkan tawaran pekerjaan yang bagus. Bagi saya, semakin murah semakin baik,” ucapnya. Haidilao mengatakan merek tersebut masih dalam tahap eksperimen.

Ekspansi Toko Murah

Iklim juga telah memunculkan generasi baru toko diskon, sebuah fenomena yang relatif baru di China, yang kemunculannya juga mendorong saingan yang lebih besar untuk mengumumkan pemotongan harga besar.

Lingshi Henmang adalah merek camilan berusia enam tahun dengan slogan Camilan Rakyat. Produknya lebih murah daripada supermarket, dan perusahaan yang berbasis di Changsha berencana untuk memperluas jumlah toko menjadi 10.000 pada tahun 2025 dari 4.000 saat ini.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh perwakilan humas, Lingshi Henmang mengatakan ekspansi tersebut merupakan hasil dari permintaan yang kuat. “Pasar telah mengalami perubahan signifikan dalam tiga tahun terakhir karena epidemi, dan konsumen menjadi lebih rasional dalam keputusan pembelian mereka,” kata pernyataan itu.

Bestore (603719.SS), merek camilan terbesar di China, pada bulan November memberikan respons dengan memangkas harga rata-rata sebesar 22% pada 300 produk, dengan pemotongan terbesar mencapai 45%, dalam pemangkasan harga terbesarnya sepanjang sejarah.

Menurut situs webnya, Hotmaxx, yang mengkhususkan diri dalam menjual produk yang akan segera kedaluwarsa dengan harga lebih murah, juga telah menetapkan target untuk memperluas ke 5.000 gerai dalam tiga tahun ke depan, dari 250 saat ini.