<p>Ilustrasi: Perumahan cluster di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Properti

Perumnas akan Hadirkan Cluster Hunian Harga Terjangkau di Bandung dan Purwakarta

  • Perumnas sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk menghadirkan cluster hunian modern dengan harga terjangkau di daerah Bandung dan Purwakarta.
Properti
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Perumnas sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana  menghadirkan cluster hunian modern dengan harga terjangkau di daerah Bandung dan Purwakarta. Perusahaan ini dikabarkan ingin berfokus untuk terus membangun hunian yang layak di wilayah Jawa Barat, karena tingginya angka backlog hunian di daerah tersebut.

Melansir dari situs resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), secara umum backlog diartikan sebagai kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan.

Melansir dari Kabar BUMN, data Survei Sosio Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2022 menyebutkan backlog hunian mencapai 12,71 juta unit di seluruh Indonesia, dan provinsi Jawa Barat menyumbang angka yang signifikan, sebanyak 2,7 juta unit atau sekitar 21 persen dari total backlog. Melihat data ini, Perumnas ingin mengembangkan kawasan hunian yang layak secara berkesinambungan.

Proyek-proyek pembangunan cluster hunian semakin ditingkatkan oleh Perumnas di wilayah Kabupaten Bandung dengan perumahan Samesta Pasadana dan Purwakarta perumahan Samesta Royal Campaka.

Perumahan Samesta Pasadana Bandung, yang dibangun di lahan seluas 41 Ha, merupakan salah satu proyek strategis Perumnas dengan total 2.883 unit hunian dari tipe 28/60 hingga 45/112. Proyek ini menghadirkan hunian subsidi berkualitas dengan harga terjangkau, dan lokasinya dekat dengan rencana exit tol Majalaya.

Direktur Utama Perum Perumnas, Buddi Saddewa Soediro, menyebutkan,“hunian subsidi yang kami hadirkan di Samesta Pasadana Bandung adalah salah satu hunian subsidi terbaik yang Perumnas ciptakan."

Perumnas juga menghadirkan hunian dengan gaya modern minimalis di lahan seluas 23,6 Ha di Purwakarta yang dikenal dengan Perumahan Samesta Royal Campaka. Proyek ini akan menawarkan 1.500 unit hunian yang akan dikembangkan dalam beberapa cluster.

Cluster pertama, "Dandelion," di Royal Campaka telah berhasil terjual habis 500 unit hunian, menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap hunian berkualitas di Purwakarta.

Perumnas memastikan bahwa setiap hunian yang mereka tawarkan memberikan kenyamanan dan keharmonisan bagi para penghuninya dengan sentuhan interior dan eksterior menarik. Fasilitas seperti one gate system, eco playground, jaringan internet, kavling luas, carport lebar, desain hunian modern estetik, dan fitur smart home juga disediakan untuk menunjang mobilitas penghuni.

Budi menyebutkan gencarnya pembangunan kawasan layak huni di Jawa Barat merupakan wujud nyata komitmen Perumnas dalam menyediakan hunian bagi masyarakat.