Peruri kenalkan Digital ID dalam FGD yang digelar Pemerintah Kota Denpasar untuk membahas pengembangan smart city.
Nasional

Peruri Digital ID Dukung Denpasar Terapkan Konsep Smart City

  • Dalam mendukung upaya tersebut, Peruri perkenalkan layanan Peruri Digital ID.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

DENPASAR - Peruri siap  mendukung penuh upaya Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mewujudkan penerapan konsep smart city melalui pemanfaatan teknologi informasi yang bertujuan untuk meningkatkan layanan publik yang unggul.

Dalam mendukung upaya tersebut, Peruri perkenalkan layanan Peruri Digital ID. Sebuah solusi keamanan digital yang dinilai berperan krusial dalam pembangunan infrastruktur teknologi yang mendukung penyediaan layanan smart city.

“Dengan Peruri Digital ID, pengguna dapat membuka akses ke semua layanan dengan melakukan verifikasi identitas sesuai dengan standar protokol secara aman. Pentingnya Digital ID memungkinkan setiap orang yang beraktivitas di ruang digital dapat teridentifikasi,” ujar POH Kepala Departemen Manajemen Produk Digital Peruri, Fajar Subhi dalam keterangan resmi Selasa, 24 Oktober 2023.

Digital ID merupakan platform yang mampu menerbitkan identitas digital dengan menggunakan data referensi yang dapat dipercaya. Data tersebut berasal dari berbagai sumber otoritas yang memiliki data yang valid dan selalu diperbarui.

Peruri juga dilibatkan dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistika untuk membahas konsep Smart City 2023. 

Konsep smart city merupakan suatu ide mengenai tata kelola pemerintahan yang cerdas dan efisien, didukung oleh pemanfaatan teknologi dan informasi. Konsep tersebut berfokus pada percepatan proses bisnis pemerintahan yang efektif serta terus-menerus meningkatkan layanan publik.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyampaikan visi Kota Denpasar yang menekankan nilai-nilai kejujuran dan semangat Sewaka Darma sebagai landasan utama dalam reformasi dan perbaikan birokrasi, menuju tata kelola pemerintahan yang lebih baik, serta memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk mencapai keselarasan dalam pembangunan berlandaskan konsep Tri Hita Karana.

Kadek Agus juga menyebutkan bahwa Denpasar bersama dengan kota-kota lain di Bali, memiliki potensi untuk menjadi smart city berbasis budaya di Indonesia. Hal tersebut mengingat statusnya sebagai salah satu tujuan pariwisata dunia dengan jumlah pengunjung mencapai 3,5 juta orang per tahun.

“Kami mengharapkan dapat berkolaborasi dengan Peruri sebagai penyedia layanan keamanan digital untuk mewujudkan Denpasar menjadi smart city,” ujar Kadek Agus.