<p>axiata malaysia/Reuters</p>
Industri

Perusahaan Komunikasi Malaysia, Axiata Jajaki Bank Digital

  • erusahaan telekomunikasi Malaysia, Axiata dikabarkan bakal merambah lini bisnis bank digital. Menggandeng bank lokal Malaysia, RHB Bank, saat ini Axiata tengah mengajukan permohonan lisensi ke Bank Sentral Malaysia.

Industri
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA – Perusahaan telekomunikasi Malaysia, Axiata dikabarkan bakal merambah lini bisnis bank digital. Menggandeng bank lokal Malaysia, RHB Bank, saat ini Axiata tengah mengajukan permohonan lisensi ke Bank Sentral Malaysia.

Pengajuan lisensi pun ternyata sudah dibenarkan oleh Bank Sentral Malaysia. Menurut keterangan dari Bank Sentral Malaysia, ada lima lisensi akan dikeluarkan untuk produk pinjaman online saja. Sedangkan keputusan akhir pemberian lisensi bakal dikeluarkan akhir 2022.

Jika aplikasi mereka disetujui, Axiata bakal memegang 60% saham dari bank digital sementara RHB akan memegang sisanya.

Kemitraan antara Axiata dan RHB Bank disebutkan akan berfokus menyasar pada layanan pelanggan ritel yang kurang terlayani serta para pelaku UKM.

Pasalnya menurut Direktur Eksekutif Axiata Digital, Khairil Abdullah, hanya sedikit dari orang Malaysia yang bisa mengakses kredit yang berarti bagi kebutuhannya.

“Itu benar-benar menciptakan segmen terlayani yang sangat besar bagi kami untuk keluar dan mencoba menangkap, dan dengan hanya lima lisensi yang akan dikeluarkan di sisi bank digital, saya pikir ada cukup ruang bagi kami untuk bermain,” katanya seperti dikutip dari Reuters pada 3 Juni 2021.

Kerjasama menjajaki peluang bank digital disambut baik oleh RHB Bank. CEO RHB Group Khairussaleh Ramli menyebut bahwa kerjasama ini merupakan percepatan pembelajaran RHB Bank terhadap tren bank digital.

“Ini tentang bisa masuk ke segmen bisnis baru tetapi bermitra dengan seseorang yang dapat memperpendek kurva pembelajaran bagi kami,” ujar Ramli.