Perusahaan Motor Listrik Asal Singapura Gandeng BYD untuk Kuasai Pasar ASEAN
Transportasi dan Logistik

Perusahaan Motor Listrik Singapura, Scorpio Electric Gandeng BYD untuk Kuasai Pasar ASEAN

  • Meskipun Singapura lebih dikenal sebagai pusat keuangan ASEAN daripada basis produksi kendaraan, nyatanya Scorpio tetap yakin bisa berhasil di pasar yang kompetitif ini dengan memanfaatkan kekuatan manufaktur dari China.

Transportasi dan Logistik

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Sebuah startup asal Singapura yang fokus pada pengembangan sepeda motor listrik, Scorpio Electric telah berkolaborasi dengan raja mobil listrik asal China, Build Your Dream (BYD)

Dikutip TrenAsia.com dari Nikkei Asia pada Senin, 22 Januari 2024, kolaborasi ini bertujuan untuk membuat sepeda listrik dengan pasar di seluruh wilayah ASEAN. 

Scorpio Electric, yang didirikan di Singapura pada tahun 2017, memiliki rencana besar untuk membuat sepeda motor listrik yang dapat digunakan oleh banyak orang di 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). 

Mereka bersiap meluncurkan model pertama untuk negara-negara seperti Thailand, Indonesia, Vietnam, dan Filipina pada musim panas ini, dengan memanfaatkan keahlian manufaktur BYD.

"BYD adalah mitra teknologi kami," kata Joshua Goh, CEO Scorpio. "Banyak komponen kami dirancang oleh kami, disubasembel, dan kemudian dikirim ke Shenzhen, di mana perakitan akhir dilakukan oleh BYD." lanjutnya. 

Selain itu Goh juga mengatakan bahwa mereka sedang berdiskusi dengan produsen mobil China tersebut untuk menggunakan teknologi baterai kendaraan listrik (EV) BYD pada sepeda motor listrik mereka. 

"Tim kami sedang mengevaluasi penggunaan sel baterai BYD," terang Goh. "BYD memiliki rantai pasokan yang lengkap dan terintegrasi di China."

Untuk diketahui, Scorpio telah membuka kantor di Shenzhen, di mana BYD bermarkas. Di sana, karyawan Scorpio melakukan pemeriksaan kontrol kualitas pada sepeda motor listrik yang baru selesai dirakit. 

Meskipun Singapura lebih dikenal sebagai pusat keuangan ASEAN daripada basis produksi kendaraan, nyatanya Scorpio tetap yakin bisa berhasil di pasar yang kompetitif ini dengan memanfaatkan kekuatan manufaktur dari China.

Singgung mengenai produk mereka, Goh mengatakan bahwa Scorpio akan mengawali dengan peluncuran sepeda motor listrik yang ditujukan untuk konsumen yang menginginkan pengalaman berkendara premium. Serupa dengan posisi merek mewah Lexus milik Toyota.

Terakhir, Goh juga mengklaim bahwa produk sepeda motor listrik Scorpio akan memiliki jangkauan yang lebih baik daripada pesaingnya. Menurutnya, model produksi pertama Scorpio, X1, dapat menempuh jarak 200 kilometer jika dikendarai dengan kecepatan yang sama, sementara pesaing umumnya memiliki jangkauan antara 140 km dan 160 km.