SpaceX Tesla
Dunia

Perusahaan Roket Milik Elon Musk Pindah Kantor ke Texas

  • Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaannya yang membuat roketnya, SpaceX, sekarang pindah ke Texas dan tak lagi di Delaware. Langkah ini diambil setelah Musk kalah dalam kasus mengenai gajinya di Tesla, perusahaan lain yang dimilikinya.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaannya yang membuat roketnya, SpaceX, sekarang pindah ke Texas dan tak lagi di Delaware. Langkah ini diambil setelah Musk kalah dalam kasus mengenai gajinya di Tesla, perusahaan lain yang dimilikinya.

Dikutip TrenAsia.com dari New York Times pada Kamis, 15 Februari 2024, sekretaris negara bagian Texas, Jane Nelson, mengeluarkan sertifikat pada hari Rabu yang mengkonfirmasi penerimaan perubahan inkorporasi ini, seperti yang diumumkan dalam dokumen yang diposting di situs web kantornya. 

Untuk diketahui, Elon Musk, yang tinggal di Texas dan juga mengelola perusahaan mobil Tesla saat ini tengah menghadapi masalah hukum di Delaware. Sebulan yang lalu, hakim di Delaware membatalkan paket gaji Musk yang membantu menjadikannya orang terkaya di dunia. Pembatalan paket gaji senilai US$55 miliar atau setara Rp825 triliun (kurs Rp15.000) ini diputuskan hakim pada Selasa, 30 Januari 2024.

Kasus ini diajukan oleh sekelompok pemegang saham Tesla yang menentang paket opsi saham yang memungkinkan Musk membeli sekitar 304 juta saham Tesla dengan harga tertentu jika perusahaan mencapai tujuan tertentu. 

Salah satu pemegang saham bernama Richard Tornetta tak terima dan menggugat Tesla serta Musk atas rencana gaji tersebut tidak lama setelah diterapkan. Tornetta berargumen bahwa gaji Musk "di luar batas pertimbangan yang wajar" dan menuduh Musk menggunakan dominasinya secara berlebihan atas keputusan dewan direksi Tesla tersebut.

Selama pandemi coronavirus kemarin, Musk juga sempat memindahkan markas besar Tesla dari California ke Texas, meskipun dia menyatakan tahun lalu bahwa perpindahan tersebut sementara dan akan kembali ke California.

Musk juga menyatakan keinginannya untuk memindahkan inkorporasi Tesla ke Texas dari Delaware. Namun, karena Tesla terdaftar secara publik, langkah tersebut memerlukan persetujuan pemegang saham.

Meskipun inkorporasinya pindah, SpaceX masih merancang dan membangun proyek antariksa di markas besar mereka di Hawthorne, California, dekat Bandara Internasional Los Angeles.

Musk mengumumkan pemindahan kantor korporat SpaceX ke Texas beberapa jam sebelum perusahaan meluncurkan lander robotik yang akan membawa muatan NASA ke bulan. Peluncuran tersebut tertunda dari Rabu ke dini hari Kamis karena masalah teknis.