Presiden Joko Widodo dalam Presiden Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna
Nasional

Pesan Jokowi ke Mendag, Presiden: Turunkan Harga Minyak Goreng!

  • Jokowi mengingatkan Zulhas untuk menurunkan harga minyak goreng curah
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan untuk fokus pada penugasannya.

Hal ini menjadi fokus Jokowi setelah acaman krisis pangan global semakin terasa. Jokowi mengingatkan Zulhas untuk menurunkan harga minyak goreng curah.

"Ya saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin. Bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu atau di bawah Rp14 ribu. Paling penting itu, tugas dari saya itu," ujar Jokowi di Pasar Sukamandi, Subang Jawa Barat, Rabu 13 Juli 2022.

Jokowi juga menegur menteri lainnya untuk tetap fokus bekerja. Utamanya bekerja sama untuk menyelesaikan permasalahan terkait energi dan pangan.

"Semuanya (menteri) harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan energi dan pangan. Jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini," lanjutnya.

Orang nomor satu di RI ini menyempatkan turun langsung ke pasar -pasar tradisional untuk mengecek harga-harga bahan pokok termasuk minyak goreng.

Dalam temuannya kali ini, distribusi minyak goreng curah seharga Rp14.000 sudah mulai rata di area Jawa. Namun Jokowi tak menampik masih ada harga minyak goreng curah di luar Jawa yang dibabderol di atas Harge eceran Tertinggi (HET).

Untuk itu ia mengimbau para pembantunya untuk mulai memeratakan distribusi minyak goreng curah seharga Rp14.000 agar tidak terjadi penurunan daya beli masyarakat.