Nasional

Pesawat Kargo Muatan 12 Ton Milik Ukraina Jatuh dan Meledak di Yunani

  • Sebuah pesawat kargo dengan delapan orang di dalamnya jatuh di dekat kota Kavala di Yunani utara pada Sabtu malam, 16 Juli 2022. Pesawat tersebut dikabarkan membawa kargo 12 ton muatan yang berbahaya.
Nasional
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Sebuah pesawat kargo dengan delapan orang di dalamnya jatuh di dekat kota Kavala di Yunani utara pada Sabtu malam, 16 Juli 2022. Pesawat tersebut dikabarkan membawa kargo 12 ton muatan yang berbahaya.

ERT, salah satu stasiun televisi Yunani melaporkan, pesawat yang dikabarkan jatuh adalah Antonov An-12 milik perusahaan Ukraina, yang terbang dari Serbia ke Yordania. 

Diketahui pilot pesawat kargo tersebut telah meminta pendaratan darurat karena terdapat permasalahan pada mesin, namun sinyal pesawat hilang.

Rekaman video yang diunggah di ertnews.gr menunjukkan, pesawat kargo tersebut terbakar dan turun dengan cepat sebelum menghantam tanah dan menyebabkan ledakan. Pemadam kebakaran tidak dapat mengonfirmasi jenis pesawat yang dikabarkan jatuh, Namun disebutkan ada laporan bahwa delapan orang berada di dalamnya.

Diketahui telah dikerahkan sebanyak 15 petugas pemadam kebakaran dan tujuh mesin untuk memadamkan api yang berkobar setelah kecelakaan itu. Tidak jelas apa muatan pesawat itu, tetapi unit tanggap bencana khusus juga menyelidiki tempat kejadian.

"Kami memperkirakan kargo sebagai bahan berbahaya," kata seorang petugas pemadam kebakaran.