<p>Jet tempur F-15 Amerika/USAF</p>
Dunia

Pesawat Prancis dan Jerman Disinyalir Mendekat, Rusia Siapkan Jet Tempur

  • Rusia mengerahkan jet tempur setelah Kementerian Pertahanan Rusia mendeteksi pesawat patroli Prancis dan Jerman.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

MOSKOW- Rusia mengerahkan jet tempur setelah Kementerian Pertahanan Rusia mendeteksi pesawat patroli Prancis dan Jerman terbang menuju wilayah udara negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa  jet tempur jenis Su-27-nya terbang ke lokasi di mana pesawat Prancis dan Jerman tersebut terbang. Jet tempur tersebut kembali ke pangkalan setelah berhasil mengusir pesawat milik  yang diketahui sebagai Atlantik Prancis 2 dan P-3C Orion milik Jerman berpaling dari Rusia.

"Kami telah mengacak jet untuk "mencegah perbatasan negara Rusia dilanggar," ujar Kementerian Pertahanan Rusia sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Reuters Selasa, 16 Mei 2023.

Di sisi lain, Prancis dan Jerman mengatakan pesawatnya tengah terbang dan melakukan patroli maritim. Penerbangan tersebut merupakan bagian dari latihan NATO. Selain itu, dua negara tersebut mengklaim bahwa pesawat yang diterbangkan berperilaku sesuai dengan hukum internasional.

"P-3C Orion kami sedang dalam misi pengawasan di atas Laut Baltik dan terbang, sesuai standar, menuju Kaliningrad," ujar Juru Bicara Angkatan Laut Jerman saat dimintai keterangan.

Sebagai  informasi, Kaliningrad merupaka sebuah eksklaf Rusia yang terjepit di antara Polandia dan Lituania di laut Baltik.

"Tidak pernah ada niat untuk memasuki wilayah udara Rusia, pesawat ini selalu menjaga jarak aman. Penerbangan ini rutin, dan kami tidak melakukan apa pun untuk menimbulkan provokasi," tambah Juru Bicara Angkatan Laut Jerman.

Hal serupa dikatakan oleh Kementerian angkatan bersenjata Prancis. Dalam sebuah pernyataan, Prancis mengkonfirmasi insiden yang terjadi dan melibatkan pesawat udaranya.  

“Sebagai bagian dari latihan NATO, jet tempur Su-27 Rusia berinteraksi dengan pesawat patroli maritim Atlantik 2 di lepas pantai Negara Baltik hari ini. Pendekatan tersebut dilakukan di wilayah udara internasional di atas Laut Baltik dan dilakukan secara profesional dan terkendali,” katanya.