Dunia

Pesimistis, Sekjen PBB Sebut Upaya Damai Rusia-Ukraina Tak Akan Terjadi

  • Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa upaya gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina tak akan terjadi dalam waktu dekat. Pasalnya, hingga saat ini kedua negara sama-sama merasa yakin bahwa mereka bisa menang.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

MADRID - Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa upaya gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina tak akan terjadi dalam waktu dekat. Pasalnya, hingga saat ini kedua negara sama-sama merasa yakin bahwa mereka bisa menang.

Menutip Reuters, Selasa, 8 Mei 2023, ketimbang membicarakan upaya damai, saat ini PBB malah berfokus pada pembicaraan dengan Rusia dan Ukraina untuk menyelesaikan masalah konkret seperti memperpanjang kesepakatan biji-bijian Laut Hitam yang akan berakhir pada 18 Mei.

"Saat ini, saya tidak melihat kemungkinan untuk segera mencapai - kita tidak berbicara tentang masa depan - gencatan senjata yang komprehensif, negosiasi damai," ujar Guterres sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Reuters.

Baru-baru ini, Pasukan Rusia  melancarkan serangan baru ke Ukraina sembari memperingati kekalahan Nazi Jerman pada tahun 1945. Atas serangan yang dilancarkan, pertahanan udara Ukraina menghancurkan 23 dari 25 rudal yang ditembakkan terutama di Kyiv.

Serangan ke Kyiv merupakan yang kelima kalinya di bulan Mei. Ini terjadi sehari setelah Rusia meluncurkan kawanan drone terbesarnya selama berbulan-bulan menyerang Kyiv dan kota Odesa di Laut Hitam dan menembaki kota-kota lain saat Ukraina bersiap untuk serangan balasan besar.