tupperware.jpg
Dunia

Pesta Telah Berakhir, Tupperware Bangkrut

  • Tupperware telah berjuang untuk membendung penurunan penjualan karena persaingan yang lebih murah

Dunia

Amirudin Zuhri

JAKARTA- Kata Tupperware sangat akrab bagi para ibu di dunia, termasuk di Indonesia. Tetapi kini wadah makanan terkenal itu akan segera mengakhiri keberadaannya.

Perusahaan Tupperware yang ada di Amerika telah mengajukan kebangkrutan karena kesulitan bertahan di tengah penurunan penjualan. Perusahaan mengatakan akan meminta izin pengadilan untuk memulai penjualan bisnis dan bermaksud untuk terus beroperasi.

Perusahaan berusia 78 tahun ini telah menjadi sangat identik dengan tempat penyimpanan makanan. Bahkan banyak orang menggunakan namanya saat merujuk pada wadah plastik apa pun.

Telah ada upaya untuk menyegarkan produknya dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu juga memposisikan ulang dirinya untuk khalayak yang lebih muda. Namun perusahaan tersebut gagal menonjol dari para pesaingnya.

Tahun lalu, perusahaan itu memperingatkan bahwa perusahaan itu mungkin bangkrut kecuali jika perusahaan itu dapat dengan cepat mengumpulkan dana baru.

Saham perusahaan tersebut telah anjlok lebih dari 50% minggu ini setelah adanya laporan bahwa perusahaan tersebut berencana mengajukan kebangkrutan. 

Setelah lonjakan penjualan singkat selama pandemi, karena semakin banyak orang memasak di rumah, perusahaan melihat permintaan terus menurun.

Meningkatnya biaya bahan baku, upah yang lebih tinggi, dan biaya transportasi juga telah menggerogoti margin keuntungannya.

"Selama beberapa tahun terakhir, posisi keuangan perusahaan telah sangat terpengaruh oleh lingkungan ekonomi makro yang menantang," kata kepala eksekutif Tupperware Laurie Ann Goldman dalam sebuah pernyataan kepada investor .

Tupperware didirikan pada tahun 1946 oleh Earl Tupper, yang mematenkan segel kedap udara fleksibel pada wadah. 

Tupperware merupakan inovasi besar, karena memanfaatkan plastik baru untuk menjaga makanan tetap segar lebih lama, yang sangat berharga saat lemari es masih terlalu mahal bagi banyak keluarga.

Akan tetapi, hal itu tidak langsung sukses.  Penjual perintis Brownie Wise -lah yang membantu mengubah merek tersebut menjadi nama rumah tangga, secara harfiah.

Ia mengembangkan pendekatan di mana para penjual, yang sebagian besar adalah wanita, menjual Tupperware kepada wanita lain di rumah mereka, yang lebih dikenal sebagai "pesta Tupperware". Menurut perusahaan tersebut, Tupperware sekarang dijual di 70 negara di seluruh dunia.

Pesta Sudah Berakhir

"Pesta sudah berakhir untuk Tupperware," kata Susannah Streeter, kepala uang dan pasar di Hargreaves Lansdown.

"Perubahan perilaku pembeli membuat wadah ini ketinggalan zaman, karena konsumen mulai melepaskan diri dari kecanduan plastik dan mencari cara yang lebih ramah lingkungan untuk menyimpan makanan."

Streeter menambahkan bahwa kendala serius dalam laporan keuangan Tupperware juga berdampak negatif pada perusahaan. Termasuk kesalahan penyajian hasil pada tahun 2021 dan 2022.