Pestanya UMKM Bali, Pemeran IKM Bali Bangkit Tahap 7 Resmi Dibuka
Nasional

Pestanya UMKM Bali, Pemeran IKM Bali Bangkit Tahap 7 Resmi Dibuka

  • Pameran Industri Kecil Menengah (IKM) Bali Bangkit Tahap 7 Tahun 2023 telah resmi dibuka kemarin Rabu, 23 Agustus 2023. Pembukaan dilakukan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Ny Putri Koster di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali.

Nasional

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Pameran Industri Kecil Menengah (IKM) Bali Bangkit Tahap 7 Tahun 2023 telah resmi dibuka kemarin Rabu, 23 Agustus 2023. Pembukaan dilakukan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Ny Putri Koster di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali. 

Wayan Koster menyadari bahwa Bali tidak memiliki sumber daya alam berupa gas, batubara, minyak, emas dan tambang umum lainnya yang menjadi sumber penggerak ekonomi dalam mensejahterakan rakyat. 

Sebagai alternatifnya, ia meminta masyarakat Bali mencintai produk lokal “Titiang mengajak manfaatkanlah dan cintailah produk lokal Bali yang dianugerahi oleh alam Bali seperti salak bali, manggis bali, beras bali, sapi bali, ayam bali, arak bali, kopi bali, sayur bali, hingga kain tenun bali,” terangnya.

IKM Bali adalah pameran yang diselenggarakan secara rutin oleh Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali untuk mempromosikan produk-produk industri kecil dan menengah (IKM) di Bali. 

Pameran IKM Bali Bangkit pertama kali dihelat tahun 2020 secara virtual. Pandemi COVID-19 telah berdampak pada macetnya perekonomian terutama bisnis UMKM. Inilah yang akhirnya melatarbelakangi kegiatan pameran IKM yang terus belanjut hingga sekarang. 

Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk IKM Bali, memperluas pasar IKM Bali, dan meningkatkan citra IKM Bali di mata masyarakat. 

Pameran diikuti oleh berbagai IKM dari berbagai kabupaten/kota di Bali. Produk-produk yang dipamerkan di pameran ini meliputi berbagai macam produk, seperti kerajinan tangan, makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain. Pameran ini diselenggarakan di berbagai tempat di Bali, seperti Taman Budaya Denpasar, Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar, dan Mall Bali Galeria.

Sejak pertama kali diadakan, pameran IKM ini telah mengajak 800 UMKM untuk menampilkan hasil karya terbaiknya. Adapun hingga tahap ke-6 di tahun 2023 ini, total omset yang telah diraih oleh pelaku UMKM mencapai Rp58,87 miliar.