Sejumlah ruas jalan tol baru selesai dan dapat dioperasikan di akhir 2021/ Dok. Kementerian PUPR</p>
Industri

Proyek Tol Cigatas-Yogyakarta Digagas Hingga Tegal

  • JAKARTA – Pemerintah tengah merancang pembangunan proyek infrastruktur jalan tol yang akan menghubungkan Bandung hingga Yogyakarta bersilangan dengan Cilacap ke Tegal. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proyek tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas, di Jawa Barat, saat ini sudah memasuki proses lelang prakualifikasi. “Untuk proyek Cigatas sedang prakualifikasi, jadi ini untuk yang […]

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Pemerintah tengah merancang pembangunan proyek infrastruktur jalan tol yang akan menghubungkan Bandung hingga Yogyakarta bersilangan dengan Cilacap ke Tegal.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proyek tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas, di Jawa Barat, saat ini sudah memasuki proses lelang prakualifikasi.

“Untuk proyek Cigatas sedang prakualifikasi, jadi ini untuk yang wilayah Cilacap,” kata Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR di Jakarta, dilansir Antara, Rabu, 24 Juni 2020.

Dia menambahkan, untuk proyek tol Tegal-Cilacap, saat ini sudah memasuki proses prastudi kelayakan. “Untuk jalan tol progresnya secara keseluruhan proyek tol Bawen-Yogyakarta akan memasukkan penawaran pada 18 Agustus 2020 dan saat ini dalam proses lelang,” kata dia.

Kemudian, tol Yogyakarta-Solo akan dimulai pengerjaannya pada akhir tahun ini. Dia berharap, proyek ini akan dilakukan penandatanganan kontrak pada September 2020.

Sementara itu, proyek tol Palembang-Jambi dan Jambi-Rengat dalam usulan penetapan lokasi atau penlok. Sedangkan, untuk proyek tol Probolinggi-Banyuwangi atau Probowangi target konstruksinya mulai akhir 2020.

“Proyek tol Sukabumi-Cianjur-Padalarang dalam proses desain dasar, dan akan dilelang pada 2021 kemudian proses konstruksi dimulai pada 2022,” kata dia.

Menteri PUPR mengatakan 12 proyek tol lainnya telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni-Juli 2020. Selain itu, PUPR juga berencana melelang proyek sistem transaksi tol nontunai berbasis multi lane free flow (MLFF) di jalan tol.

Total investasi 12 proyek tol sepanjang 669 kilometer ditaksir mencapai Rp242 triliun. Proyek tol yang siap dilelang antara lain Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Jalan Akses Patimban, Yogyakarya-Bawen, Solo-Yogyakarta-Bandara Kulonprogo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA), dan Harbour Toll Road Semarang

Pemerintah akan meresmikan 15 ruas jalan tol sepanjang 297 kilometer tahun ini. Lima ruas tol di antaranya bakal diresmikan pada Juni-Juli 2020.

Lima dari 15 ruas tol tersebut sudah siap diresmikan pada Juni-Juli tahun ini. Kelima ruas tol tersebut yakni Banda Aceh Seksi IV Indrapuri-Blangbintang sepanjang 14 kilometer, Pekanbaru-Kandis-Dumai Seksi I-VI sepanjang 131 kilometer, Depok-Antasari Seksi II sepanjang 6 kilometer.

Kemudian, ruas tol Cimanggis-Cibitung Seksi IA sepanjang 3 kilometer. Terakhir ruas tol Manado-Bitung Seksi I dan Seksi IIA sepanjang 21 kilometer. (SKO)