Petugas PLN Indonesia Power sedang melakukan pengecekan di Green Hydrogen Plant (GHP) yang berlokasi di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Suralaya.
BUMN

PGN dan SURGE Kembangkan Jaringan Gas dan Internet untuk Rumah

  • PGN berkomitmen untuk menyediakan paket layanan bundling yang terdiri dari jaringan gas dan internet untuk lebih dari 2,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - PT PGN Tbk dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk (SURGE) menandatangani nota kesepahaman untuk mengembangkan distribusi jaringan gas dan internet yang lebih luas, khususnya ke rumah tangga dan sektor komersial. 

Melalui kemitraan ini, PGN berkomitmen untuk menyediakan paket layanan bundling yang terdiri dari jaringan gas dan internet untuk lebih dari 2,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa. Langkah ini didorong oleh tujuan untuk mempercepat distribusi infrastruktur gas dan internet dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat.

Dilansir siaran pers PGN, Senin, 18 Desember 2023, Pada tahun 2023 tercatat sebanyak 835 ribu sambungan jaringan gas telah berhasil terpasang di berbagai rumah tangga. Target yang ditetapkan pemerintah untuk mencapai 2,5 juta sambungan pada tahun 2024 menjadi tujuan utama. 

Langkah kerjasama ini dianggap sebagai bagian integral dari solusi yang diberikan PGN dalam memanfaatkan gas bumi sebagai sumber energi berkelanjutan bagi kebutuhan sehari-hari. 

Dengan penambahan layanan internet yang terjangkau, PGN berharap dapat memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, menghadirkan manfaat lebih luas bagi masyarakat dalam penggunaan gas bumi.

 “Kerja sama ini menjadi bagian dari solusi PGN yang terjangkau dan modern dalam memanfaatkan gas bumi sebagai energi sehari-hari. Gas bumi atau Gaskita yang disalurkan ke rumah-rumah pelanggan yang tersedia 24 jam akan dilengkapi dengan layanan tambahan internet yang bermanfaat bagi pelanggan,” ujar Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari.

Paket bundling yang menggabungkan layanan jaringan gas dan internet diharapkan akan mendorong pertumbuhan pangsa pasar gas bumi. Langkah ini juga dianggap dapat mendukung percepatan distribusi jaringan gas dan mengurangi ketergantungan pada impor LPG. 

Diperkirakan, manfaat dari program bundling ini akan membawa dampak positif dalam mengurangi biaya subsidi energi pemerintah serta turut meningkatkan nilai ekonomi digital Indonesia secara signifikan. Langkah ini memperlihatkan komitmen PGN dalam memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi sektor energi dan ekonomi nasional.

Kerjasama ini menjadi langkah strategis yang mendukung inisiatif pemerintah dalam memperluas akses energi bersih ke rumah tangga serta meningkatkan konektivitas digital. 

Selain itu, paket bundling ini juga diharapkan akan mendorong minat masyarakat untuk beralih menggunakan gas bumi sebagai sumber energi yang ramah lingkungan.