Dari ki-ka :  Direktur Infrastruktur dan Teknologi Achmad Muchtasyar bersama Direktur Sales dan Operasi Faris Aziz, saat Press Conference usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) di Graha PGAS, Jakarta, Selasa 30 Mei 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

PGN Pasok Gas Bumi 8000 MMBTU per Bulan ke Pabrik Baru Mayora (MYOR) di Pasuruan

  • PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah meningkatkan layanan gas bumi untuk mendukung penggunaan energi bersih dengan mengalirkan gas bumi kepada PT Mayora  Indah Tbk (MYOR).
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah meningkatkan layanan gas bumi untuk mendukung penggunaan energi bersih dengan mengalirkan gas bumi kepada PT Mayora  Indah Tbk (MYOR). 

Nantinya PGN akan mengalirkan gas bumi dalam jumlah rata-rata 8.000 MMBTU dan maksimal 10.465 MMBTU per bulan ke pabrik baru Mayora yang berlokasi di Jl. Raya Pasuruan - Malang KM 25, Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Mayora yang merupakan emiten FMCG ini telah sepakat dan menandatangani Kontrak Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan PGN dalam hal ini diwakili oleh Heri Frastiono selaku Area Head Pasuruan PGN dan Emroni Kurniawan selaku Senior Factory Manager MYOR, dengan ketentuan produk basis kontrak bulanan dan sub produk khusus Bronze 3.

Area Head PGN Pasuruan Heri Frastiono menyatakan, PGN berharap para pelanggan dapat merasakan benefit dari energi, baik gas bumi dalam meningkatkan produktivitas industri dan produk yang berdaya saing. 

“Selain itu kami juga optimis bahwa pemanfaatan gas bumi dapat berdampak multiplier dalam menumbuhkan dan menggeliatkan kegiatan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah/pelanggan yang memanfaatkan gas bumi sebagai energi penggeraknya,” ungkap Heri dalam siaran pers, pada Rabu, 17 Januari 2024. 

Langkah ini juga sesuai dengan visi misi PGN untuk mendukung pemerintah sebagai solusi energi bersih yang ramah lingkungan dan mencapai target net zero emisi pada tahun 2060 melalui peningkatan pemanfaatan gas bumi selama masa transisi energi.

Diharapkan bahwa keberadaan pabrik baru di Purwosari akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan juga turut meningkatkan pertumbuhan perekonomian, terutama di wilayah Pasuruan. “PGN memastikan bahwa ekspansi pengembangan infrastruktur gas bumi handal dan aman untuk menyuplai kebutuhan gas di Mayora,” tuturnya.

Mayora mempercayakan PGN dan menjadikan gas bumi sebagai bahan bakar utama, di mana semua peralatan produksi didesain dengan menggunakan gas bumi yang bersih dan ramah lingkungan. 

PGN Sales and Operation Region III Area Pasuruan telah melayani kebutuhan gas bumi kepada pelanggan industri, komersial dan rumah tangga, di mana untuk pelanggan industri sebagian besar bergerak di sektor Food, Chemical, Ceramic, Basic Metal, CNG dan Textile. 

Perlu diketahui PGN berkomitmen untuk menjaga ketahanan pasokan gas dan mengalirkan gas bumi secara terus menerus selama 24 jam per hari dan 7 hari dalam sepekan dengan harga yang kompetitif.