<p>PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN / Dok. PGN</p>
Industri

PGN Raih Penghargaan Emisi Korporasi 2021 Atas Prestasi Turunkan Emisi Karbon

  • JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN mendapatkan penghargaan Emisi Korporasi 2021. Predikat yang diberikan oleh Majalah Investor dengan PT Bumi Global Karbon ini merupakan apresiasi atas komitmen PGN dalam menekan emisi karbon. Adapun penilaiannya dilakukan berdasarkan data dari laporan keberlanjutan 2019 yang terbit pada tahun lalu, serta tersedia di laman resmi masing-masing […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN mendapatkan penghargaan Emisi Korporasi 2021.

Predikat yang diberikan oleh Majalah Investor dengan PT Bumi Global Karbon ini merupakan apresiasi atas komitmen PGN dalam menekan emisi karbon.

Adapun penilaiannya dilakukan berdasarkan data dari laporan keberlanjutan 2019 yang terbit pada tahun lalu, serta tersedia di laman resmi masing-masing perusahaan. Indikator assurance atau diaudit oleh pihak ketiga juga menjadi kriteria dalam penilaian.

Sebagai penyelenggara, Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings Primus Dorimulu mengungkapkan, penghargaan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran korporasi dalam mengurangi emisi karbon.

Menurutnya, sebagian negara sudah banyak yang menargetkan zero carbon emission pada 2060.

“Penurunan emisi akan berdampak positif terhadap perubahan iklim yang kemudian berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi berkualitas. Korporasi yang memiliki kesadaran tinggi terhadap penurunan emisi karbon, pasti mendapatkan apresiasi dari konsumen, publik, dan investor,” terangnya dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Selasa, 4 Mei 2021.

Upaya PGN Tekan Emisi Karbon

PGN sendiri dinilai secara aktif telah membatasi emisi udara yang berkontribusi terhadap kenaikan suhu permukaan bumi. Perusahaan menjalankan operasi bisnis yang lebih efisien dalam mengurangi emisi karbon di setiap aktivitas usaha.

Hal ini sesuai dengan peta jalan transformasi lingkungan PGN. Adapun emisi udara yang berperan signifikan, seperti gas rumah kaca (GRK), Nitrogen oksida (NOX) serta Sulfur oksida (SOX).

Sejak 2012, PGN juga mengimplementasikan perhitungan jejak karbon dengan menggunakan Kalkulator Karbon untuk menghitung emisi gas rumah kaca.

Perhitungan ini dilakukan pada pemakaian listrik di gedung dan stasiun, pemakaian bahan bakar untuk generator dan kendaraan bermotor, pemakaian gas untuk chiller dan turbin kompresor, kegiatan penyaluran gas bumi, serta perjalanan dinas menggunakan pesawat.

Dari hasil pengukuran ini, PGN mencatat emisi karbon yang dihasilkan di lingkungan perusahaan sebesar 76.524,67 ton CO2 eq, atau menurun sebesar 7%. (RCS)