Ilustrasi aplikasi PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) milik konglomerat Chairul Tanjung / Dok. Allo Bank
Korporasi

Pilih Bank Digital Atau Konvensional? Kenali Kelebihan dan Perbedaannya

  • Industri perbankan mengalami perkembangan dengan munculnya bank digital yang merupakan hasil pengembangan fintech dan mobile banking.
Korporasi
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Industri perbankan mengalami perkembangan dengan munculnya bank digital yang merupakan hasil pengembangan fintech dan mobile banking. Menurut peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 12/PJOK.03/2021 dijelaskan bank digital merupakan layanan perbankan elektronik yang ditujukan memberikan pelayanan kepada nasabah lebih cepat, mudah, dan sesuai kebutuhan yang dilakukan secara mandiri dengan tetap memperhatikan unsur keamanan.

Sementara itu bank konvensional adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya secara konvensional yang terdiri dari Bank Umum Konvensional dan Bank Perkreditan Rakyat. Oleh karena itu, TrenAsia.com telah merangkum beberapa kelebihan dan perbedaan bank digital dibandingkan bank konvensional.

1. Keamanan 
Bank digital disertai dengan teknologi yang canggih untuk menjaga keamanannya, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya ancaman siber. Sedangkan, Bank Konvensional memiliki sistem keamanan tersendiri dalambentuk fisik.

2. Fleksibilitas
Bank digital dan Bank konvesional memilki flekstibilitas yang berbeda dari segi waktu. Bank digital menggunakan waktu yang lebih sedikit dalam melakukan transaksi karena berada di dalam smartphone. Sedangkan Bank konvensional membutuhkan waktu yang lebih banyak dalam lakukan transaksi, seperti mengantre di teller.

3. Suku bunga yang tinggi
Pada umumnya Bank Konvensional menawarkan suku bunga tabungan sekitar 1%, sedangkan bank digital biasanya memberikan tingkat suku bunga yang lebih tinggi dan menarik untuk nasabah yang membuat nasabah lebih tertarik.