<p>Ilustrasi makanan buka puasa/Freepik.com</p>
Gaya Hidup

Pilihan Makanan Terbaik Untuk Sahur Agar Tubuh Berenergi Saat Puasa

  • Inilah pilihan makanan terbaik untuk sahur agar tubuh berenergi saat puasa Ramadan

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Pada saat puasa di bulan Ramadan, kita tidak bisa mendapatkan asupan makanan apapun sejak imsak hingga waktu berbuka puasa. Hal ini tentu membuat fisik jadi lemah dan tidak berenergi.

Meski begitu, ternyata masalah kekurangan energi pada tubuh ini justru diakibatkan karena makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi saat sahur agar tubuh tetap berenergi dan siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut pilihan makanan terbaik untuk sahur agar tubuh lebih berenergi saat puasa.

Buah dan sayuran
Kaya serat, buah dan sayuran sangat penting dikonsumsi selama puasa karena dapat meningkatkan perasaan kenyang dan membantu mencegah sembelit. Buah dan sayurn juga mengandung vitamin, mineral, dan fitokimia yang penting untuk kesehatan yang baik.

Nasi dan alternatifnya
Makanan berkarbohidrat tinggi serat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan membantu mempertahankan tingkat energi lebih lama.

Daging dan alternatifnya
Ayam, ikan, dan produk susu rendah lemak tanpa kulit merupakan sumber protein yang bagus sekaligus membatasi asupan lemak Anda. Selain itu, mengonsumsi daging juga membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, dan membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Mengonsumsi produk susu berkalsium tinggi juga membantu menjaga kekuatan tulang. Mereka yang tidak toleran laktosa dapat memilih susu bebas laktosa atau susu kedelai yang diperkaya kalsium.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu untuk mengonsumsi air yang cukup untuk menghindari rasa haus selama berpuasa. Sebaiknya, Anda juga menghindari makanan asin, makanan berlemak dan digoreng serta makanan pedas, hal ini karena makanan tersebut justru meningkatkan rasa haus.