Capres-cawapres Anies-Cak Imin saat melakukan jumpa pers di depan Gedung KPU, Kamis 19 Oktober 2023 (Foto: tangkapan layar saluran Youtube KPU)
Nasional

Pilpres 2024: Anies Kembali Gaungkan Kesetaraan Saat Daftar KPU

  • Anies juga menyebut keinginan untuk kesetaraan baik dalam kesempatan bekerja, kesempatan mendapat masa depan lebih baik hingga perlindungan kesehatan yang baik.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis 19 Oktober 2023. 

Usai mendaftarkan diri, keduanya melakukan jumpa pers di halaman Gedung KPU. Dalam acara tersebut, Anies ditanya perihal gagasan yang hendak dibawanya menjadi presiden kelak. “Gagasan dasarnya adalah perubahan menghadirkan kesetaraan, menghadirkan keadilan. Itu yang kami bawa,” ujar Anies, dikutip dari siaran YouTube KPU, Kamis. 

Anies menyampaikan gagasan perubahan perlu diketahui dan dirasakan seluruh keluarga di Indonesia. “Kita menginginkan agar kebutuhan pokok menjadi terjangkau,” ujar Anies. Di sisi lain, dia juga mendorong petani, peternak, serta nelayan agar hidup lebih sejahtera.

Lebih lanjut, Anies bakal mengupayakan kesetaraan baik dalam kesempatan bekerja, kesempatan mendapat masa depan lebih baik hingga perlindungan kesehatan yang baik.

Anies menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPU yang telah membantu dan menyiapkan proses pendaftaran dengan baik dan lancar. “Awal yang baik yang menggambarkan kinerja profesional KPU sekarang ini,” tutur Anies. Ia percaya KPU akan melaksanakan rangkaian proses pemilu dengan profesional pula. 

Tidak lupa, Anies berpesan kepada seluruh warga soal spirit untuk menjaga persatuan dan kesatuan. “Pikiran dan gagasan boleh berbeda tapi kita sesungguhnya satu bangsa, satu negara dengan satu tujuan,” ujar mantan Rektor Universitas Paramadina itu. 

Sebelumnya, pasangan Anies-Cak Imin telah melakukan sederet agenda sebelum mendaftarkan diri ke KPU. Kedua pasangan tersebut terlebih dahulu melaksanakan solat Subuh berjamaah dengan keluarga mereka. Usai ibadah, keduanya lantas meminta restu kepada ibu mereka masing–masing dengan sungkeman mencium kakinya.

Pasangan capres-cawapres yang pertama mendaftar itu lantas melakukan safari politik dengan mengunjungi markas dari tiga partai politik pengusungnya meliputi PKS, PKB, dan NasDem. Dalam kegiatan tersebut, Anies–Cak Imin tampak kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan berpeci hitam. 

“Ya simpel, praktis, dan semangat kerja,” ujar Cak Imin singkat soal alasan memakai pakaian tersebut, Kamis 19 Oktober 2023. Saat tiba di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai PKS, Cak Imin memohon doa kepada seluruh ulama dan kiai serta seluruh bangsa Indonesia.

Usai menyambangi seluruh kantor partai pengusung, keduanya menuju KPU dengan konvoi menggunakan mobil jip yang telah disiapkan. Di belakang mobil jip yang ditumpangi Anies–Cak Imin terdapat para pimpinan partai koalisi yang menumpang kendaraan dengan jenis sama.