Ganjar Pranowo (kedua dari kiri) dan Mahfud MD (kedua dari kanan) bersama Megawati Soekarnoputri (tengah) usai pendaftaran ke KPU, Kamis, 19 Oktober 2023.
Nasional

Pilpres 2024: Ganjar-Mahfud Bidik Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

  • Ganjar-Mahfud menyatakan pertumbuhan ekonomi rata-rata 7% wajib dicapai agar Indonesia terlepas dari jebakan pendapatan menengah (middle income trap).
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki target ambisius jika memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Target besar tersebut salah satunya yakni mewujudkan pertumbuhan ekonomi mencapai 7%. 

Selain itu, pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ini menyatakan siap melanjutkan megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang digagas Presiden Joko Widodo. Hal itu diketahui dalam dokumen visi-misi Ganjar-Mahfud, dikutip Kamis, 19 Oktober 2023. 

Ganjar-Mahfud menyatakan pertumbuhan ekonomi rata-rata 7% wajib dicapai agar Indonesia terlepas dari jebakan pendapatan menengah (middle income trap). Roda perekonomian juga bakal didorong dari dukungan usaha baru di penjuru Indonesia. 

Selain itu Ganjar-Mahfud siap memacu pemanfaatan infrastruktur, ekonomi digital, ekonomi hijau dan biru, serta pertumbuhan industri manufaktur sebesar 7,5% sampai 8%. Mereka juga akan mengoptimalkan kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk mempercepat industrialisasi dan investasi. 

Muncul pula gagasan mengurangi pengangguran dengan target 17 juta lapangan kerja baru. Untuk pemberdayaan UMKM, Ganjar-Mahfud siap mendorong pertumbuhan dengan penataan dan keberpihakan regulasi.  

Langkah itu untuk menjamin kepastian hukum dan menempatkan rakyat sebagai pusat kegiatan usaha. Alokasi kredit perbankan juga ditargetkan mencapai minimal 35%. Pinjaman ini khusus untuk koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan.

Lebih lanjut, Ganjar-Mahfud siap meneruskan proyek besar Jokowi yakni IKN. “Hingga IKN menjadi titik kesimbangan baru keadilan pembangunan sekaligus simbol Indonesia yang futuristik,” demikian tertulis dalam dokumen visi-misi Ganjar-Mahfud.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, 19 Oktober 2023. Mereka diusung empat partai yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pemabangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).