Milinkovic-Savic
Olahraga

Pindah ke Al Hilal, Milinkovic-Savic Terima Bayaran Rp999 Miliar

  • Lazio siap melepas Sergej Milinkovic-Savic setelah menerima tawaran Rp667 miliar dari Al Hilal.

Olahraga

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTABursa transfer musim panas  2023, Lazio telah sepakat melepas Sergej Milinkovic-Savic setelah menerima tawaran yang cukup fantastis dari Al Hilal. Ini juga didorong oleh keinginan sang pemain karena akan mendapatkan gaji tinggi dari klub Arab Saudi tersebut. 

Al Hilal yang sebelumnya memborong beberapa pemain top Eropa kini kembali bersiap untuk memboyong Milinkovic-Savic dengan biaya 40 juta Euro atau Rp667,19 miliar (asumsi kurs Rp16.600 per Euro).

Tawaran tersebut tentu tak bisa ditolak oleh Lazio. Pasalnya,  kontrak pemain yang berposisi geladang tengah ini masih sisa satu tahun.

Presiden klub Lazio, Claudio Lotito mengatakan Milinkovic-Savic yang ingin merasakan atmosfer baru setelah delapan tahun bersama Lazio. Pemain serbia itu juga telah memohon supaya diijinkan pergi ke Al-Hilal.

“Ketika seseorang pergi ke Arab Saudi, motivasinya adalah uang. Tetapi Anda perlu bertanya, mengapa dia ingin pergi,” kata Lotito dikutip TrenAsia.com dari Football Italia, Rabu, 12 Juli 2023.

Lotito menyadari keinginan Milinkovic-Savic meninggalkan klub yang di Roma itu berkaitan gaji yang akan dia terima. Sela tiga musim, Gelandang asal Serbia ini disebut akan mendapatkan total gaji 60 juta euro setara Rp999,1 miliar di Al-Hilal. Artinya, sang pemain akan menerima gaji bersih 20 juta Euro per tahun. 

“Saya mencoba yang terbaik untuk mempertahankannya di sini. Tetapi ketika dia meminta untuk pergi karena alasan pribadinya, apa yang dapat saya lakukan? Padahal kami bersedia memperpanjang kontraknya, dan menaikkan gajinya,” ungkapnya. 

Dengan demikian, Milinkovic-Savic menjadi pemain bintang liga Eropa yang direkrut Al Hilal. Sebelumnya klub yang bermarkas di Stadion Internasional King Fahd telah merekrut dua pemain Liga Inggris yakni Kalidou Koulibaly dari Chelsea dan Ruben Neves dari Wolverhampton. 

Profil Milinkovic-Savic

Sergej Milinković-Savić adalah pemain sepak bola profesional Serbia yang berposisi sebagai gelandang. 

Ia lahir pada 27 Februari 1995, di Lleida, Spanyol, dari ayah Serbia dan ibu Bosnia. Milinković-Savić memulai karir juniornya di Vojvodina klub lokal Serbia sebelum akhirnya bergabung dengan klub asal Belgia, KRC Genk pada tahun 2014.

Pemain berusia 28 tahun ini melakukan debut profesionalnya untuk Genk pada musim 2014-2015. Dalam sekejap ia memantapkan menjadi gelandang berbakat dengan atribut fisik yang sangat baik. 

Penampilannya yang ciamik ini mampu menarik perhatian beberapa klub papan atas Eropa, hingga pada akhirnya tahun 2015, Lazio membelinya dengan mahar 10 juta Euro. 

Sejak bergabung dengan Lazio, Milinkovic-Savic telah mencetak 69 gol dari 341 penampilan di semua kompetisi. Selain itu, dirinya mampu mempersembahkan beberapa gelar mayor diantaranya Piala Italia pada 2019 dan dua Piala Super Italia.