Tidak Hanya Bikin Hidup Tenang, Inilah Manfaat Memiliki Passive Income
Gaya Hidup

Pindah Kerja Takut Bikin Pendapatan Turun? Ini Cara Mencegahnya

  • Inilah beberapa cara agar gaji Anda tidak menurun ketika harus berpindah bidang pekerjaan yang berbeda.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Seperti yang telah Anda ketahui, perubahan atau berganti pekerjaan normal terjadi. Anda mungkin juga ingin mencoba beberapa bidang pekerjaan tertentu yang berbeda dengan pekerjaan sekarang.

Namun, terkadang pekerjaan di bidang baru membuat Anda mengalami pengurangan gaji karena kurangnya pengalaman pada bidang pekerjaan yang baru. Akan tetapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Berikut beberapa cara mencegah Anda mengalami penurunan gaji saat berpindah ke pekerjaan baru.

Ketahui Apa yang Anda Inginkan

Hal ini mungkin terdengar jelas, tapi mengetahui apa yang Anda inginkan dan Anda kejar tidaklah hal yang mudah. Anda mungkin harus berani melakukan keduanya jika ingin mempertahankan gaji. 

Bagi Anda yang merupakan pencari kerja harus memutuskan apa yang paling penting untuk anda, bahkan sebelum menegosiasikan gaji. Misalnya, apakah Anda mengubah karier karena ingin mendapat gaji yang lebih tinggi, mempertahankan gaji saat ini, atau ingin mendapatkan keseimbangan work life balance yang lebih baik dan mendapatkan budaya kerja yang berbeda. Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk memutuskan tujuan pekerjaan yang paling penting bagi Anda.

Hal ini karena ada pencari kerja yang ingin mendapatkan keadilan di perusahaan, tunjangan kesehatan yang lebih baik, atau kemampuan untuk bekerja dari rumah. Apapun yang Anda inginkan, tuliskan setiap tujuan Anda dan urutkan berdasarkan kepentingan Anda sebelum membahas soal gaji.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui soal gambaran gaji yang dapat Anda harapkan, Setelah Anda mengetahui gaji rata-rata pekerjaan tersebut, Anda dapat bernegosiasi.

Bersikap Objektif

Mungkin Anda mengalami ragu dan takut saat berpikir untuk mengubah karier. Akan tetapi, hal itu bisa diatasi dengan bersikap objektif untuk mengeksplorasi pilihan Anda.

Cobalah untuk berhenti melihat bidang Anda saat ini hanya soal hitam dan putih saja. Anda juga bisa mencoba mengetahui apa saja yang Anda sukai dan apa saja keterampilan Anda. 

Cari Dukungan

Saat Anda membuat keputusan besar dalam hidup seperti perubahan karier, Anda perlu memiliki sistem pendukung yang kuat. Orang-orang yang mendukung Anda bisa menginspirasi atau memberikan Anda perspektif yang baru. 

Tulis Ulang Resume

Meskipun resume modern biasanya penuh dengan kata kunci soal bidang pekerjaan yang Anda lamar, tidak ada yang mengatakan bahwa resume tersebut harus membosankan. Resume Anda bisa Anda ubah semenarik mungkin seperti cerita.

Sempurnakan Personal Branding Anda

Setiap orang membutuhkan personal branding dan hal itu sangat penting bagi pencari kerja. Anda bisa mulai membuat personal branding yang baik yang bisa dimulai dari akun LinkedIn, yang akan memberikan reputasi dan kesan baik pada diri Anda.

Itu tadi beberapa cara agar gaji Anda tidak menurun ketika harus berpindah bidang pekerjaan yang berbeda. Selamat mencoba.