<p>Aplikasi perencanaan keuangan FundTastic. / Fundtastic.co.id</p>

Platform Investasi FUNDtastic Kantongi Suntikan Modal Rp107,8 Miliar

  • Platform investasi dan pengelola keuangan FUNDtastic yang dikembangkan oleh PT Chandharwealth Mandiri Indonesia sukses meraih investasi sebesar US$7,7 juta atau setara Rp107,8 miliar.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Platform investasi dan pengelola keuangan FUNDtastic yang dikembangkan oleh PT Chandharwealth Mandiri Indonesia sukses meraih investasi sebesar US$7,7 juta atau setara Rp107,8 miliar.

Investasi ini diraih melalui pendanaan seri A yang dipimpin oleh Ascend Capital Group, bersama dengan Indivara Group dan investor lainnya.

Co-founder dan CEO FUNDtastic Harry Hartono mengatakan, dengan adanya pendanaan baru ini pihaknya merasa optimistis dapat mewujudkan misi perusahaan secara optimal. Di antaranya memperkokoh kemampuan finansial masyarakat Indonesia melalui investasi.

“Dengan kepercayaan investor kepada FUNDtastic, kami bisa terus mengembangkan produk investasi yang dapat diakses secara mudah, termasuk para investor pemula,” ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin 22 Februari 2021.

Ia bilang, pendanaan baru ini akan dikembangkan guna memperluas jangkauan pasar serta memperkaya produk dan fitur. Dengan begitu, Harry berharap FUNDtastic dapat semakin baik dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Belakangan, bisnis aplikasi investasi digital berpeluang tinggi untuk bertumbuh, melihat adanya kenaikan tren investasi melalui platform digital. Hal ini didorong dari pertumbuhan penetrasi telepon seluler serta pengguna internet di Tanah Air.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah investor pasar modal saat ini mencapai 3,53 juta investor. Di mana sekitar 57,5% merupakan investor reksa dana dan obligasi hingga November 2020.

Sementara, Statista memprediksi pengguna telepon seluler di tahun 2020 mencapai 70% dari total populasi Indonesia, dan akan terus meningkat hingga mencapai 89% pada tahun 2025.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 73,7% atau 196,7 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna internet hingga kuartal II-2020.

Kinerja FUNDtastic
Aplikasi perencanaan keuangan FundTastic. / Fundtastic.co.id

Hingga tahun 2020, FUNDtastic telah mengalami peningkatan baik dalam pengguna dan jumlah dana kelolaan selama tahun 2020. Total pengguna FUNDtastic sepanjang tahun 2020 sebanyak 110.000 pengguna dan total dana kelolaan sekitar Rp200 miliar.

Co-founder dan Chief Investment Officer (CIO) FUNDtastic Franky Chandra menjelaskan, peningkatan ini didorong oleh beberapa faktor. Selain karena FUNDtastic menyediakan produk berdasarkan kebutuhan masyarakat, kata dia, peningkatan pengguna juga diakibatkan situasi pandemi yang mengharuskan percepatan penyerapan finansial digital.

Selain itu, sambung Franky, Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut memberikan peran penting bagi perusahaan, terutama terkait edukasi dan regulasi.

Di samping itu, FUNDtastic telah mengakuisisi platform Invisee pada tahun 2020, sehingga para pengguna bertumbuh hampir 4 kali lipat.

Franky mengaku optimistis, pertumbuhan bisnis FUNDtastic pada tahun ini akan semakin tinggi melihat retensi para pengguna terus melanjutkan investasinya di platform FUNDtastic selama tahun 2020.

Pada kesempatan yang sama, Partner dari Ascend Capital, Muljadi Tjandra melihat manajemen dan tim FUNDtastic sebagai fondasi yang solid dalam menopang pertumbuhan bisnis perusahaan.

Ia menilai, FUNDtastic juga memiliki bisnis model yang bagus, disertai strategi pertumbuhan yang kuat melalui strategi pemasaran dan kerja sama dengan lembaga keuangan lainnya.

“FUNDtastic juga mampu merangkul masyarakat yang belum terjangkau produk perbankan untuk partisipasi aktif menjadi investor. Langkah progresif yang bisa memperluas para calon investor baru dalam berinvestasi dengan mudah,” tambahnya. (SKO)