Platform "K-Pop Dance AI" STEPIN Resmi Diluncurkan di Lebih dari 170 Negara
Tekno

Platform "K-Pop Dance AI" STEPIN Resmi Diluncurkan di Lebih dari 170 Negara

  • Perusahaan start up di bidang kecerdasan buatan (AI) dengan basis di Seoul, Korea Selatan Sidewalk Entertainment resmi meluncurkan platform "K-Pop dance AI", STEPIN, di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Peluncuran STEPIN menandai kiprah Sidewalk Entertainment di pasar internasional.

Tekno

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Perusahaan start up di bidang kecerdasan buatan (AI) dengan basis di Seoul, Korea Selatan Sidewalk Entertainment resmi meluncurkan platform "K-Pop dance AI", STEPIN, di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Peluncuran STEPIN menandai kiprah Sidewalk Entertainment di pasar internasional.

Dikutip dari keterangan resmi pada Rabu, 22 November 2023, STEPIN adalah platform K-Pop dance yang memakai teknologi real-time motion tracking AI. Pengguna dapat bermain dengan memilih moda Practice dan Challenge. STEPIN menawarkan sejumlah fitur seperti dance learning, dance skoring, dan motion analysis replay. Platform ini mengintegrasikan media sosial dan gaming.

Salah satu fitur unggulan STEPIN terletak pada sistem pemberian skor lewat analisis gerakan. Dengan fitur ini, pengguna dapat berkompetisi dan hasilnya akan tercantum dalam peringkat yang disusun secara langsung lewat sistem skor. 

Setelah dilansir pertama kalinya di Asia Tenggara pada September lalu, fitur STEPIN terus mengalami peningkatan berdasarkan masukan dari pengguna lokal. Untuk basis pengguna global, STEPIN kini tersedia dalam sembilan bahasa, termasuk bahasa Inggris, Korea, Jepang, Spanyol, dan Indonesia.

STEPIN, yang juga menjadi sponsor resmi untuk kompetisi tari Mnet "Street Woman Fighter 2", telah memainkan peran penting dalam episode terakhir yang tayang pada 31 Oktober. 

Pada kesempatan tersebut, anggota Mannequeen turut berpartisipasi dalam kompetisi penilaian tarian di platform STEPIN. Setelahnya, terjadi peningkatan lebih dari 184% dalam unduhan aplikasi STEPIN.

Kibong Kook, CEO Sidewalk Entertainment, menyatakan bahwa STEPIN merupakan inovasi layanan yang menggabungkan teknologi kecerdasan buatan (AI) canggih dengan seni tari K-pop. 

Dengan fitur seperti sistem penilaian dan peringkat, antusiasme dan kegembiraan dalam seni tari K-pop mengalami peningkatan dramatis. Kook menekankan keinginan mereka untuk memperkenalkan tren baru dalam dunia K-pop secara global.

Kook, yang merupakan pro-gamer generasi pertama yang turut serta dalam pengembangan industri e-sports di Korea, mendirikan Sidewalk Entertainment sebagai langkah awal dalam eksplorasi teknologi AI. 

Saat ini, STEPIN tengah mengadakan tantangan tari "Chili" di platformnya dan terus berinteraksi dengan pengguna di seluruh dunia melalui berbagai kegiatan dan konten yang akan datang.