PLTS Atap Xurya yang Terpasang di Pabrik Serena Dapat Menghasilkan Energi Sebesar 1,1 kWh per tahun.JPG
Energi

PLN Jawa Barat Gandeng Xurya Jual Sertifikat EBT (REC)

  • Merujuk pada data internal PLN UID Jabar, hingga Juli 2023 ini, REC yang telah diterbitkan oleh PLN UID Jabar berkisar 416.333 unit dari 369 transaksi
Energi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Startup energi terbarukan, Xurya melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat untuk mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di wilayah Jawa Barat. 

Xurya dan PLN UID Jabar sepakat untuk  bekerjasama dalam mempermudah masyarakat untuk mengelola dan mendapatkan  EBT di wilayah Jawa Barat. Sebelumnya, Xurya juga telah melakukan kerjasama dengan PLN Icon Plus di awal bulan Juli lalu. 

"Khususnya kolaborasi ini juga akan membawa EBT lebih dekat kepada para pelaku industri di wilayah Jawa Barat, dan dengan demikian akan mendorong adopsi energi bersih yang lebih luas," Eka Himawan, Managing Director Xurya, Selasa 1 Agustus 2023.


Salah satu fokus utama kerja sama ini adalah program Renewable Energy Certificate (REC), di mana Xurya akan menjadi salah satu mitra resmi PLN UID Jabar untuk penjualan REC. REC adalah mekanisme sertifikasi energi bersih yang memungkinkan perusahaan atau entitas lain untuk mendukung dan berpartisipasi dalam pengembangan EBT dengan cara membeli sertifikat energi bersih dari suatu pembangkit EBT untuk digunakan sebagai pengurang akuntansi emisi karbon. 

Merujuk pada data internal PLN UID Jabar, hingga Juli 2023 ini, REC yang telah diterbitkan oleh PLN UID Jabar berkisar 416.333 unit dari 369 transaksi. Dengan MoU ini, diharapkan REC milik PLN akan lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang tentunya akan semakin mendorong perkembangan EBT yang berkelanjutan. 

Sebelumnya, Kementerian ESDM sempat membeberkan bahwa sebagai bagian dari pencapaian target bauran EBT sebesar 23% pada tahun 2025, swasta diharapkan akan mengembangkan 54,4% dari total 3,2 GWp PLTS on-grid. 

Dalam pernyataan bersama, kedua perusahaan juga menyatakan komitmen mereka untuk meningkatkan pemanfaatan EBT dalam portofolio energi di wilayah Jawa Barat, contohnya dengan koordinasi lebih erat lagi dan secara periodik dalam menindaklanjuti perizinan layanan EBT di Jawa Barat. 


“Kerja sama dengan Xurya akan membantu kami dalam mempermudah masyarakat di Jawa Barat, khususnya pelaku industri, untuk mengelola dan mendapatkan EBT," Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat.